Talud Penahan Longsor di Kayu Putih Ambruk Nyaris Timpa Rumah Warga

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Cuaca buruk disertai hujan deras yang mengguyur Kota Ambon selama beberapa jam menyebabkan talud penahan longsor di Dusun Kayu Putih, Negeri (Desa) Soya, Kecamatan Sirimau, Ambon ambruk, Senin (22/11/2021).

Musibah itu nyaris saja menimpa sebuah rumah milik warga yang ada di kawasan tersebut.

Meski tidak menyebabkan terjadi kerusakan, namun material longsor yang jatuh langsung menutupi jalan setapak yang selalu dilalui warga di kawasan itu.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury mengatakan talud penahan longsor yang ambruk dan menutupi jalan setapak itu terjadi saat hujan lebat dan cuaca buruk menerpa wilayah Kota Ambon pada Senin pagi.

“Titik longsor terjadi di RT 001/RW 04, tepatnya di rumah Keluarga Frederika Latupapua, dimana talud rumah mereka longsor kurang lebih 11 meter, yang materialnya jatuh ke jalan setapak,” jelasnya.

Dia mengatakan, material longsor yang jatuh ke jalan setapak cukup mengganggu, pasalnya jalan setapak tersebut merupakan akses jalan bagi warga sekitar.

Setelah kejadian itu, tim dari BPBD dan Tagana langsung mendatangi lokasi bencana untuk membersihkan material longsor di kawasan itu.

Baca Juga :   Sepekan Dihantam Gelombang Tinggi, Talud di Desa Haya Kembali Rusak

“BPBD bersama Tagana berupaya melaksanakan pembersihan material. Sementara untuk tanggap darurat, telah diberikan bantuan terpal untuk menutupi titik longsor agar tidak membahayakan,” terangnya.

Selain longsor, hujan deras yang mengguyur kota Ambon juga menyebabkan sejumlah kawasan tergenang banjir seperti di ruas jalan AY Patty, jalan Piere Tandean, kawasan Galala- Hative Kecil dan sejumlah akwasan lain.

Genangan air di sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon itu sempat mengganggu arus kendaraan dan pejalan kaki.

“Genangan air tersebut hanya pada saat hujan, ketika hujan berhenti, genangan air tersebut juga perlahan surut,” tandasnya. (KPL)

Baca Juga :   Sepekan Dihantam Gelombang Tinggi, Talud di Desa Haya Kembali Rusak

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait