Satgas Covid-19 Optimis Kota Ambon Segera Zona Hijau

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Penanganan pandemi Covid-19 di Kota Ambon benar-benar dapat dikendalikan.

Buktinya saat ini tidak ada lagi satu pun pasien Covid-19 yang dirawait di Kota Ambon.

Atas capaian itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon optimistis dalam waktu dekat ibu kota provinsi Maluku itu akan masuk ke zona hijau penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengungkapan, saat ini kota Ambon masih berada di Zona kuning atau risiko rendah pada Peta Resiko penyebaran Covid-19 Proivinsi Maluku dengan skor 2.92 hanya terpaut 0,08 persen dari batas skor zona hijau.

“Pada minggu kemarin kita ada di skor 2.92, memang masih zona kuning, tapi kita optimis dalam dua minggu kedepan kita akan masuk di zona hijau dengan skor paling rendah 3.01,” kata Joy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (22/11/2021).

Meski saat ini tidak ada kasus konfirmasi positif covid-19 di Kota Ambon, namun dia mengimbau masyarakat agar tidak lengah dan tetap disiplin potokol kesehatan.

Dia juga mengajak warga yang belum menerima vaksin, agar dapat mengikuti vaksinasi yang digelar pemerintah Kota Ambon di Lapangan Merdeka.

“Juga masyarakat yang belum divaksinasi baik dosis pertama maupun kedua, dapat menuju posko vaksinasi yang setiap hari dibuka di Tribun lapangan Merdeka,” katanya.

Baca Juga :   Wagub Orno Pimpin Penurunan Bendera HUT RI ke-76

Khusus untuk vaksinasi lansia, Joy mengakui bahwa akan dilaksanakan vaksinasi door to door oleh Satgas Covid-19 tingkat desa dan kelurahan dan petugas puskesmas setempat, untuk mengejar target capaian minimal 60 persen.

Persiapan untuk vaksinasi door to door, lanjutnya, tengah dilakukan Satgas Covid-19 Kota Ambon dengan melakukan pemetaan berdasarkan data yang diunduh dari Kementerian Kesehatan RI, dan dipilah per desa dan kelurahan.

Baca Juga :   Ibu Hamil di Ambon Mulai Disuntik Vaksin, Hari Pertama Ditargetkan 200 Orang

“Setelah pemetaan rampung, akan dilakukan pemasangan stiker di rumah – rumah masyarakat yang berisi informasi siapa yang sudah divaksinasi maupun yang belum. Lewat informasi inilah tim akan langsung memberikan vaksin kepada masyarakat yang belum vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua,” terangnya.

Joy berharap masyarakat tidak lagi percaya berita hoax tenang vaksinasi, dan dapat mendukung pelaksanaan Vaksinasi door to door yang dilaksanakan Pemkot Ambon.

“Kami berharap masyarakat agar jangan percaya berita hoax karena vaksin sudah terbukti terbukti aman dan halal, serta mampu melindungi diri kita dan keluarga dari Covid-19,” tandasnya.

Untuk diketahui per 22 November 2021, Capaian vaksinasi Covid -19 di kota Ambon untuk dosis pertama 229.089 jiwa atau 83.55 persen, dan dosis kedua 137,546 jiwa atau 50,16 persen. (KPL)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait