Gempa di Maluku Tengah Dipicu Aktivitas Sesar Naik Seram Utara

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab gempa 5,9 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Maluku Tengah pada Kamis (4/11/2021).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menyatakan gempa yang mengguncang wilayah Maluku Tengah itu merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan oleh  aktivitas sesar naik Seram Utara atau North Seram Thrust.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Seram Utara,” kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima kampiun.co.id, Kamis.

Dia menyebut dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau Oblique Thrust Fault.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” katanya.

Bambang menerangkan guncangan gempa bumi tersebut dirasakan tidak hanay di Maluku Tengah namun juga di Ambon, Saparua dan Masohi.

Dia menyebut getaran gempa paling kut dirasakan warga di Desa Sawai Kecamatan Seram Utara dengan skala V MMI dan Wahai dengan skala  IV MMI. Sementara di kota Ambon, Pulau Saparua dan Masohi getaran gempa dirasakan warga dengan skala III MMI.

Baca Juga :   Masjid dan SMP di Desa Sawai Rusak Akibat Gempa M 5,9

Diberitakan sebelumnya gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncamg kabupaten Maluku Tengah pada Kamis (4/11/2021) sekira Pukul 11.42 WIT.

Gempa tersebut berada pada lokasi 2.81 Lintang Selatan dan 129.34 Bujur Timur atau berjarak 16 kilometer bagian barat Wahai dan 27 kiolmeter timur laut Sawai, Maluku Tengah dengan pusat gempa berada 10 kilometer dibawah permukaan laut.

Akibat gempa tersbeut, belasan rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah mengalami kerusakan. (KPL)

Baca Juga :   Gempa Besar di Laut Banda, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait