Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Tanimbar, BPBD Pastikan tak Ada Kerusakan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gempa tektonik berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku pada Rabu dinihari (3/11/2021) sekira Pukul 01.43 WIT.

Gempa yang yang dirasakan sangat kuat getarannya itu terletak pada koordinat 6,98 Lintang Sselatan dan 130,60  Bujur Timur , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 137 km arah Barat Laut Kota Saumlaki, Maluku pada kedalaman 118 km.

Dari data yang diterima, gempa tersebut dirasakan getarannya di Kota Saumlaki dan sekitarnya dengan kekuatan III MMI.

Meski getaran gempa dirasakan sangat kuat, namun sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Getaran genpa sangat kuat sekali tapi sampai siang ini kita belum menerima laporana danya kerusakan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Bruno Layan via telepon seluler, Rabu (3/11/2021).

Bruno menyebut pascagempa pihaknya telah melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan sejumlah camat dan juga kepala desa di wilayah itu. Namun sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan resmi terkiat dampak kerusakan dari gempa tersebut.

“Pemantauan sudah dilakukan dan kita juga sudah koordinasi dengan camat dan kepala desa dan tidak ada kerusakan apapun,” ujarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Herlambang Huda menyebut gempa yang terjadi di wilayah tersebut merupakan jenis gempa menengah yang diakibatkan oleh adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

Baca Juga :   Gempa 4,8 Magnitudo di Maluku Tengah tak Berdampak Kerusakan

“Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik atau oblique thrust fault,” katanya. (KPL)

 

Baca Juga :   Maluku Rawan Gempa dan Tsunami, Buktinya Dalam Sebulan 273 Gempa Bumi Terjadi

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait