Buka Edukasi Pengelolaan Sampah, Widya: Sampah Masih Dipandang Barang Tidak Berguna

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad membuka resmi kegiatan Edukasi Pengelolaan Sampah yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Maluku. Kegiatan edukasi berlangsung di Aula Kantor Bupati Kabupaten Buru Selatan, Kamis. (11/11/2021).

Dalam sambutanya Widya mengatakan, masalah sampah saat ini telah menjadi masalah global yang berdampak luar biasa terhadap lingkungan dan manusia. Kemudian di tahun 2020, timbunan samph di Indonesia telh mencapai 67,8 juta ton.

“Sampah masih dipandang sebagai barang sisa yang tidak berguna, menggangu dan harus dibuang. Hanya sedikit orang yang menganggap sampah sebagai sumber daya yang perlu dimanfaatkan,” katanya.

Menurutnya, selama ini sampah dikumpulkan, diangkut dan dibawa ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA). Selain itu, sampah dibakar atau dibuang begitu saja ke lingkungan, sungai, pesisir dan laut terutam di daerak kepulauan. Demikian juga di Bursel, permasalahan sampah menjadi masalah serius.

“Sementara volume sampah yang terus meningkat dan lahan semakin terbatas dari waktu ke waktu untuk membangin TPA. Bila semua ni tidak tertangani dengan baik, maka dapat membahayakan lingkungan dan mahluk hidup disekitarnya,” ujar Widya.

Baca Juga :   Widya Sebut Pramuka Berperan Penting Bangkitkan Semangat Nasionalisme Kaum Muda

Ditempat yang sama, Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa menyatakan, sampah merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan dan juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pada dasarnya, semua manusia pasti menghasilkan sampah.

Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh, perlu dilakukan alternatif pengelolaan yang bisa menangani semua permasalahan pembuangan sampah dengan cara mendaur ulang semua limbah yang dibuang kembali ke ekonomi masyarakat.

“Olehnya itu, saya menyambut baik kegiatan ini. Semoga dapat terimplementasi kepada masyarakat, sehingga membawa dampak baik terhadap penanganan sampah di Bursel,” kata Safitri.

Baca Juga :   Peduli Balita dan Bumil, Widya MI Serahkan Paket Bantuan ke Posyandu di MBD

Pada kesempatan itu, Widya menyerahkan bantuan dari DLH Maluku berupa Komposter dan Pipa untuk Pertanian Hidroponik kepada perwakilan Desa Elfule dan Waeno.

Turut hadir, Wakil Bupati Bursel Gerson E. Selsily, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Danny Pandey, Kadis Ketahanan Pangan Luthfi Rumbia, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Halima Soamole dan undangan lainnya. (HPM).

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait