28 Kali Gempa Susulan Guncang Maluku Tengah

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Puluhan kali gempa susulan mengguncang Kabupaten Maluku Tengah pascagempa utama berkekuatan 5,9 magnitudo yang mengguncnag wilayah tersebut pada Kamis siang (4/11/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, Sukartoyo mencatat hingga Pukul 15.30 WIT sudah sebanyak 28 kali gempa susulan terjadi di wilayah tersebut.

“Sampai Pukul 15.30 WIT sore ini sudah sebanyak 28 kali gempa susulan terjadi di Maluku Tengah pascagempa utama 5,9 magnitudo,” kata Petugas Operasional BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Sukartoyo kepada kampiun.co.id, Kamis.

Sukartoyo menyebut dari 28 kali gempa susulan yang terjadi di wilayah itu, gempa terbesar berkekuatan 4,2 magnitudo dan paling kecil berkekuatan 2,5 magnitudo.

“Paling besar itu 4,2 magnitudo dan yang paling kecil 2,5 magnitudo,” ujarnya.

Dia menyebut puluhan kejadian gempa susulan yang terjadi setelah adanya gempa sebuah besar merupakan hal yang sangat normal dalam peristiwa gempa. Puluhan gempa susulan yang terjadi di Maluku Tengah itu merupakan keadaan normal menuju kestabilan.

“Jadi gempa susulan itu hal yang normal setelah gempa besar terjadi, itu karena kerak bumi mengeluarkan energi menuju mengstabilkan patahan yang terjadi,” katanya.

Fabio Mukadar salah satu tokoh pemuda Desa Sawai mengaku ada beberapa kali gempa susulan yang dirasakan warga di desa tersebut.

Baca Juga :   BPBD Malteng Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Korban Gempa

“Ada beberapa kali gempa susulan yang kita rasakan di sini tapi kecil getarannya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncamg kabupaten Maluku Tengah pada Kamis (4/11/2021) sekira Pukul 11.42 WIT.

Gempa tersebut berada pada lokasi 2.81 Lintang Selatan dan 129.34 Bujur Timur atau berjarak 16 kilometer bagian barat Wahai dan 27 kiolmeter timur laut Sawai, Maluku Tengah dengan pusat gempa berada 10 kilometer dibawah permukaan laut.

Baca Juga :   Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Maluku Tengah, Getaran Dirasakan di Masohi hingga Nusalaut

Akibat gempa tersbeut, belasan rumah warga di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah mengalami kerusakan.

Badan meteorology Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut dipicu oleh aktivitas sesar naik Seram Utara.

Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu juga memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau Oblique Thrust Fault.  (KPL)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait