Perkuat Mitigasi Bencana, Kepala BNPB dan Gubernur Murad Tanam Pohon di Kampus IAIN

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID -Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito bersama Gubernur Maluku Murad Ismail melakukan penanaman pohon damar di halaman kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Rabu (20/10/2021).

Kegiatan penanaman pohon itu menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB Tahun 2021 yang dipusatkan di Kota Ambon.

Selain di kompleks kampus IAIN Ambon, kegiatan yang sama juga dilakukan di sejumlah lokasi di Kota Ambon.

Selain pohon damar atau agathis, jenis tanaman ekonomis dan umur panjang dan yang ikut ditanami dalam rangkaian PRB BNPB Tahun 2021 di Kota Ambon seperti kayu putih, mangga, langsat, salawaku, agatis, lenggua, kayu besi, durian, rambutan dan kinar.

Beberapa jenis pohon tersebut adalah jenis tanaman kuat yang memiliki nilai ekonomi sekaligus bermanfaat sebagai penyangga dan pengikat tanah, sehingga dapat berfungsi untuk mitigasi dan pengurangan risiko bencana berbasis vegetasi.

Penanaman pohon tersebut juga diikuti oleh Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Bambang Ismawan, Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy Rektor IAIN Ambon dan jajaran pejabat tinggi di BNPB serta sejumlah pejabat Maluku lainnya.

Baca Juga :   Gubernur Murad Ismail Terima Tanda Kehormatan Legiun Veteran RI

“Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka memperkuat mitigasi bencana berbasis vegetasi,” kata Ganip Warsito.

Sementara gubernur Murad Ismail mengatakan, aksi penghijauan melalui penanaman pohon merupakan investasi bagi kelangsungan generasi dimasa depan. Setidaknya warisan lingkungan alam yang asri, diupayakan untuk para generasi penerus.

“Satu pohon yang kita tanam hari ini, bisa menyelamatkan ribuan mahluk hidup di masa mendatang,” terangnya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini menjelaskan, penanaman pohon tidak saja dilakukan pemerintah, ada beberapa komunitas yang bergerak di bidang yang sama. Salah satunya adalah komunitas mangrove untuk masyarakat desa.

Baca Juga :   Pempus Realisasi LIN di Maluku, Rovik Affifudin: Lobi Gubernur Bukan Kaleng-kaleng

“Komunitas ini sangat peduli dengan hutan mangrove yang mempunyai fungsi strategis untuk menahan gelombang ketika terjadi Tsunami, dan kita sudah melaksanakan penanaman bibit Mangrove di beberapa titik di Kota Ambon,” tandas Gubernur.

Usai mengisi agenda di Kampus IAIN Ambon, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara puncak yang dilaksanakan di Grand Balroom The Natsepa Hotel, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Sebagaimana diketahui penyelenggaraan tiga agenda ini, merupakan bagian dari acara Puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana.(KPL)

 

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait