Pasien Covid-19 Tersisa 20 Orang, yang Dirawat Hanya Satu, 19 Isolasi Mandiri

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Maluku terus menunjukan trend yang snagat positif.

Data dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku hingga Senin (25/10/2021) pasien aktif di Maluku yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri tersisa 20 orang.

Ke-20 pasien aktif ini tersebar di tujuh kabupaten kota di Maluku dengan jumlah pasien terbanyak berada di Kota Ambon sebanyak enam orang. Selanjutnya Kepulauan Aru, Maluku Tengah, Buru dan Kepulauan Tanimbar masing-masing tersisa tiga pasien.

Sedangkan Seram Bagian Barat dan Maluku Barat Daya tersisa masing-masing satu pasien aktif.

Adapun untuk Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Maluku Tenggara dan Kota Tual tidak ada lagi pasien aktif.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Adonia Rerung mengatakan berkurangnya pasin yang dirawat akibat tingkat kesembuhan pasien yang sangat tinggi selama dua bulan terakhir.

Selain tingkat kesembuhan yang sangat tinggi, disaat yang bersamaan lonjakan kasus baru di Maluku sangat sedikit sehingga berpengaruh terhadap jumlah pasien aktif.

“Data sampai hari ini jumlah pasien aktif di Maluku hanya 20 orang, satu pasien di rawat di rumah sakit dan 19 hanya menjalani isoman,” kata Doni  Senin (25/10/2021).

Baca Juga :   Komandan Brimob Meninggal karena Covid-19, Senin Besok Satgas Tracing Keluarga dan Orang Dekat

Menurut Adonia tingkat kesembuhan pasien di Maluku yang sangat tinggi itu lantaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berhasil dengan baik. Selain itu, banyak warga di Maluku yang juga telah melakukan vaksinasi.

Vaksinasi massal kata Adonia, bukan berarti seseorang dapat terbebas dari Covid-19 namun dengan mengikuti vaksinasi massal akan mencegah penularan virus mematikan tersebut.

“Vaksinasi yang gencar dilakukan ini juga berpengaruh besar untuk memutus rantau penyebaran Covid-19, tentu ada kesadaran juga dari masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Puluhan Nakes yang Terpapar Corona di Ambon Masih Isoman

Ia berharap dengan menurunnya  jumlah kasus aktif di Maluku saat ini perekonomian masyarakat bisa kembali pulih. Masyarakat juga diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan agar dapat mencegah penyebaran kasus baru.

“Walapun kasus sudah menurun kita harus tetap patuhi protocol kesehatan,” katanya.

Untuk diketahui kasus terkonfirmasi positif di Maluku sejak kasus pertama Covid-19 mulai masuk di Maluku pada Mei 2020 lalu hingga kini telah mencapai 14.629 kasus.

Dari jumlah itu, sebanyak 14.345 pasien telah dinyatakan sembuh,m 264 pasien meninggal dunia dan pasien aktif yang masih menjalani perawatan tersisa 20 orang. (KPL)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait