Kodam Pattimura Musnahkan 693 Pucuk Senjata Api di HUT Ke-76 TNI

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kodam XVI Pattimura memusnahkan sebanyak 693 pucuk senjata api rakitan berbagai jenis sisa konflik Maluku.

Pemusnahan ratusan senjata api rakitan itu dilakukan seusai upacara HUT ke-76 TNI yang berlangsung secara virtual di markas Kodam XVI Pattimura di Ambon, Selasa (5/10/2021).

Meski digelar secara virtual, upacara Peringatan HUT ke-76 TNI tetap berlangsung hikmat dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Pemusnahan ratusan senjata api rakitan itu dipimpin langsung Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan dan Gubernur Maluku Murad Ismail, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury.

Pemusnahan ratusan senjata api rakitan itu dilakukan dengan cara dihancurkan dengan alat pemotong besi yang disiapkan di lokasi pemusnahan.

“Sejnata api rakitan yang dimusnahkan ini merupakan pemberian dari masyarakat kepada anggota TNI,” kata Bambang, Selasa.

Sementara itu Kepala Penrangan Kodam XVI Pattimura, Kolonel Adi Prayoga mengatakan 693 pucuk senjata api berbagai jenis yang dimusnahkan itu semuanya merupakan senjata api rakitan.

“Tidak ada yang organik, semuanya senjata api rakitan ada yang laras panjang dan juga laras pendek,” ujarnya.

Baca Juga :   Puluhan Prajurit Kodam Pattimura Ikut Latihan Bersama Tentara Amerika, Begini Pesan Pangdam

Dia menjelaskan ratusan senjata api rakitan yang dimusnahkan itu merupakan senjata sisa konflik kemanusiaan di Maluku dan Maluku Utara yang diserahkan secara sukarela kepada jajaran Kodam Pattimura baik melalui Babinsa, Koramil, Kodim hingga ke Kodam Pattimura.

“Itu senjata ada yang juga sisa konflik, itu semua diserahkan kepada TNI dalam dua tahun terakhir ini,” ujarnya.

Dia berharap dengan pembinaan territorial yang terus dilakukan TNI, masyarakat yang masih menyimpan senjata sisa konflik agar dapat menyerahkannya kepada aparat berwenang.

“Harapan kami ada kesadaran masyarakat, dan bagi warga yang masih menyimpan senjata bisa segera menyerahkan kepada aparat berwenang,” ujarnya. (KPL)

Baca Juga :   Jelang HUT TNI, Pangdam Pattimura dan Anggota Gelar Aksi Donor Darah

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait