Gempa di Tehoru tak Menimbulkan Kerusakan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah memastikan gempa berkekuatan 5,3 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut tidak menimbulkan adanya kerusakan pada rumah warga dan fasilitas umum.

Kepala BPBD Maluku Tengah Abdul Latif Key mengatakan pascagempa pihaknya telah melakukan pemantauan dan hasilnya tidak ada kerusakan apapun yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

“Tidak ada kerusakan akibat gempa 5,3 semalam,” kata Latif kepada Kampiun.co.id saat dihubungi dari Ambon, Selasa (5/10/2021).

Dia mengatakan selain melakukan pemantauan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah kepala desa baik di Kecamatan Tehoru, Teluti maupun di Saparua terkait dampak gempa tersebut.

“Kita juga sudah koordinasid engan kepala-kepala desa dan tidak ada bangunan yang rusak,” ujarnya.

Latif mengaku sangat mengapresiasi warga di wilayah itu karena langsung melakukan evakuasi mandiri ke tempat aman saat gempa terjadi.

“Harapan kami seperti itu warga bisa melakukan evakuasi mandiri, apalagi kondisi malam hari,” ujarnya.

Gempa yang dirasakan sangat kuat getarannya itu berada pada titik koordinat 3.53 Lintang Selatan dan 129.64 Bujur Timur atau berjarak 23 kilometer tenggara Tehoru dan 67 km bagian selatan Kobisonta dengan kedalaman 10 kilometer dibawah permukaan laut.

Baca Juga :   Gempa tak Berpotensi Tsunami, Warga Malteng Diminta Tenang

Kuatnya getaran gempa membuat banyak warga di Tehoru memilih mengungsi ke lokasi pegunungan karena takut terjadi tsunami.

Salah seorang warga Tehoru, Tehuayo mengaku setelah gempa terjadi sejumlah warga yang merasa khawatir memilih tidur di luar rumah dan di lokasi ketinggian.

Sejumlah warga juga tetap bertahan di rumah-rumah kebun yang dibangun. Namun saat ini mereka telah kembali lagi ke perkampungan.

“Tadi malam ada yang tidur di hutan bekas lokasi pengungsian gempa, ada juga di rumah-rumah kebun dan saat ini sudah kembali lagi,” katanya. (KPL)

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Kepulauan Banda, Maluku Tengah

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait