Dukung Ambon Smart City, BI Maluku Dorong Pemkot Kerjasama dengan Semua Pihak

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Bank Indonesia (BI) Maluku mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk menjalin kerjasama seluas-luasnya dalam upaya mendukung Kota Ambon sebagai Kota Cerdas (Smart City).

Kepala BI Maluku, Noviarsano Manulang mengatakan dukungan yang diberikan BI yakni dengan mendorong Pemerintah Kota Ambon untuk dapat menjalin kerjasama baik dengan pihak perbankan maupun lembaga-lembaga non perbankan dan non keuangan.

“Dalam upaya penerapan transaksi digital, Bank Indonesia mendorong Pemerintah Kota Ambon untuk dapat menjalin kerjasama seluas-luasnya, baik dengan pihak perbankan maupun lembaga-lembaga non perbankan dan non keuangan,” kata Kepala BI Maluku, Noviarsano Manulang saat rapat Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Ruang Rapat Darwin, Balaikota Ambon, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya, kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang dimaksud sesungguhnya dapat membantu Pemerintah Kota Ambon dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih efisien dan terjamin aman.

“Misalnya seorang wajib pajak yang tengah berada diluar kota, tidak ada alasan baginya untuk tidak melakukan pembayaran pajak. Dia bisa menggunakan aplikasi yang ada seperti tokopedia, atau link aja atau aplikasi lain yang sudah menjalin kerjasama dengan Pemkot Ambon atau BPD atau Bank setempat untuk melakukan pembayaran,” jelasnya.

Baca Juga :   Tak Perlu PCR, Warga yang Mau ke Ambon Cukup Kantongi Hasil Rapid Antigen

Terkait kerjasama yang akan dilakukan Pemkot Ambon bersama Bank Mandiri (bekerjasama dengan Link Aja), Kepala BI mengatakan, kerjasama tersebut didukung oleh Bank Indonesia mengingat hal tersebut juga akan sangat membantu Pemerintah dalam rangka mendigitalisasi transaksi keuangan.

“Kerjasama dengan Bank Mandiri dalam upaya mendigitalisasi pembayaran angkutan Kota, kami rasa sangat baik. Intinya adalah tindak lanjut dari kerjasama dimaksud. Karena hal tersebut tentunya membawa dampak yang positif baik bagi pihak Pemerintah, pihak pemilik angkutan maupun masyarakat,” akunya.

Baca Juga :   Gangguan Jiwa, Anita Tersesat di Hutan dan Belum Kembali ke Rumah

Baginya, konsep Smart City Ambon bisa dimulai dari apa yang sudah ada saat ini.

Tidak hanya perbankan tapi juga lembaga-lembaga lain yang sudah ada di Ambon, dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari fungsi untuk mencapai tujuan dari smart city.

Wakil Wali kota Ambon, Syarif Hadler dalam rapat tersebut memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas segala dukungan yang diberikan.

“Jadi melalui rapat ini, kami dari pihak Pemkot merasa sangat terbantu atas dukungan dari pihak BI. Kita semakin paham, dan ini akan menjadi awal yang baik bagi Pemkot guna mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah,” jelas Syarif.

Diketahui, dalam rapat tersebut Wakil Walikota Ambon yang juga selaku Wakil Ketua TP2DD didampingi Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru selaku Ketua Harian TP2DD beserta seluruh anggota TP2DD. (KPL)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait