Aksi Mogok Sopir Angkot Picu Kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman, Penumpang Terlantar

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Puluhan sopir angkutan kota (Angkot) jurusan Kecamatan Teluk Ambon dan Baguala, menggelar aksi mogok di Underpass Sudirman di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Selasa (26/10/2021).

Aksi mogok itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pelanggaran yang kerap dilakukan para sopir Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) jurusan Hattu, Alang dan Liliboy, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah yang dinilai kerap mencuri penumpang angkot Tekuk Ambon dan Baguala.

Dalam aksi itu, puluhan sopir ini ikut menyetop rekan-rekan mereka yang masih mengangkut penumpang untuk terlibat dalam aksi mogok. Para penumpang angkot yang tertahan di Jalan Jenderal Sudirman pun dipaksa turun dari dalam angkot hingga menyebabkan banyak penumpang terlantar.

Aksi mogok para sopir angkot itu pun menyebabkan terjadinya kemacetan sepanjang 5 kilometer di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Paul salah satu sopir angkot yang ikut melakukan aksi mogok mengaku dia dan rekan-rekannya akhirnya melakukan aksi mogok karena kesal selama ini sopir AKDP jurusan Hattu, Alang dan Liliboy selalu membuat pelanggaran dengan mengangkut penumpang sembarangan.

“Mereka ambil penumpang di jalan sembarangan, dan yang rugi itu kita,” kata Paul kepada wartawan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Selasa.

Baca Juga :   Sopir Angkot Mogok Massal di Ambon, Penumpang Terlantar hingga Macet Parah

Ia mengungkapkan sesuai aturan mobil AKDP jurusan Hattu, Alang dan Liliboy harusnya melewati underpass Sudirman dan langsung menuju terminal Mardika. Namun faktanya selama ini mereka selalu mencuri penumpang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Dalam aksi mogok itu, para sopir juga meminta Dinas Perhubungan Provinsi Maluku untuk meningkatkan pengawasan terhadap mobil AKDP jurusanHattu, Alang dan Liliboy agar tidak lagi mencuri penumpang di jalan.

“Kita minta Dishub lebih tegas lagi agar angkot jurusan lain tidak dirugikan makanya kita meminta agar pos pengawasan dapat dibangun di sepanjang jalan Jenderal Sudirman,” ujarnya.

Baca Juga :   Sopir Angkot Mogok Massal di Ambon, Penumpang Terlantar hingga Macet Parah

Aksi mogok puluhan sopir ini akhirnya berakhir setelah petugas Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian bernegosiasi dengan para sopir setelah kemacetan parah terjadi di sepanjang jalan tersebut. (KPL)

Berita Terkini

Seleksi CPNS, 19 Nama Putra Daerah Maluku Dikirim ke Kejagung RI

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 19 nama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) Tahun 2021 khusus...

Berita Terkait