Sebelum Tatap Muka di Sekolah, Siswa dan Guru di Ambon Wajib Tes Swab

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ambon bakal menerapkan kebijakan ketat bagi setiap sekolah yang akan memberlakukan pembelajaran dengan sistem pertemuan tatap muka (PTM) di sekolah.

Rencana pemberlakuuan kebijakan ketat yang akan diberlakukan itu yakni, setiap guru dan siswa harus menjalani tes swab PCR sebelum PTM dilakukan.

“Harus swab PCR, baiknya begitu agar kita tahu siswa dan guru yang datang ke sekolah itu dia betul-betul aman,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ambon, Jhon F Sanders saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (28/9/2021).

Saat ini dinasi pendidikan dan kebudayaan kota Ambon tengah mempersiapkan sistem pembelajaran tatap muka di sekolah.

Adapun sejumlah syarat yang harus dipenuhi sekolah untuk PTM yakni 80 persen siswa di setiap sekolah sudah harus menjalani vaksinasi. Selanjutnya, sekolah harus menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk menyediakan tempat cuci tangan bagi para siswa.

Bagi sekolah yang telah memenuhi kriteria tersebut maka akan diperbolehkan menerapkan PTM dengan persetujuan satgas Covid-19.

Menurut Jhon para siswa dan guru wajib mengikuti tes swab PCR sebelum PTM diterapkan untuk mengantisipasi jangan sampaia da siswa atau guru yang terpapar Covid-19 hingga memunculkan klaster baru di sekolah.

Baca Juga :   Ambon Belum PTM, Wali Kota: Jangan Kita Gegabah, Lalu Anak – anak Menjadi Korban

“Jangan sampai kalau ada yang tertular dan sekolah menjadi klaster kan kita sulit mencari tahu, lalu sekolah di salahkan, kita disalahkan,” katanya.

Untuk rencana tersbeut, kata Jhon pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan. Sebab kebijakan melakukan swab terhadap para siswa dan guru menjadi kewenangan dinas kesehatan.

“Itu menjadi tugas dinas kesehatan nanti dikoordinasikan seperti apa, bagaimana segala macam nanti diatur,” ujarnya.

Pemerintah Kota Ambon sendiri berencana menerapkan PTM terbatas untuk siswa tingkat SMP dengan kapasitas 25-30 persen siswa.

Baca Juga :   Wali Kota Bicara Ambon City of Musik di Konferensi Musik Internasional, Ini Tanggapan Menparkeraf Sandiaga Uno

Jhon mengakui Presiden Joko Widodo telah memberikan lampu hijau bagi daerah yang berstatus PPKM level 3 dan level 2 untuk bisa menerapkan PTM. Meski begitu atas berbagai pertimbangan PTM belum bisa diterapkan.

“Jadi kita harus hati-hati dalam mengambil kebijakan jangan ambil risiko terburuk jangan sampai sesuatu terjadi masalah baru. (KPL)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait