Puluhan Prajurit Kodam Pattimura Ikut Latihan Bersama Tentara Amerika, Begini Pesan Pangdam

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Puluhan prajurit Kodam Pattimura dari berbagai kesatuan akhirnya diberangkatkan untuk mengikuti latihan bersama dengan militer Amerika Serikat atau US Army yang akan dipusatkan di di Scoolfield Barrack Hawai Hawai.

Puluhan prajurit Kodam Pattimura ini akan tergabung dengan prajurit TNI AD lainnya dari Indonesia untuk mengikuti latihan bersama militer Amerika di Scoolfield Barrack Hawai Hawai, pada 8 Oktober mendatang.

Kapendam XVI Pattimura, Letkol Adi Prayoga mengatakan puluhan prajurit TNI AD dari Kodam Pattimura telah diberangkatkan dari Ambon menuju Jakarta pada Senin (27/9/2021) kemarin.

Puluhan prajurit Kodam Pattimura itu akan bergabung bersama prajurit TNI AD lainnya untuk melakukan persiapan sebelum akhirnya dilepas oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menuju Hawaii.

“Sudah berangkat tanggal 27 kemarin sudah ke Jakarta nanti mereka bergabung dengan prajurit TNI AD lainnya sebelum berangkat ikut latihan,” kata Adi kepada Kampiun.co.id via telepon seluler, Selasa (28/9/2021).

Jumlah prajurit Kodam Pattimura yang mengikuti latihan bersama personel militer Amerika Serikuat berjumlah 83 orang.

Baca Juga :   Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

Dari jumlah itu sebanyak 67 personel berasal dari Bataliyon Infanteri (Yonif) 733 Raiders Masariku, sembilan personel dari Yonif 731 dan empat personel dari Yonif 732 Banau.

Selanjutnya dari Brigif Nusa Ina sebanyak dua personel dan masing-masing satu personel dari Yonif 734, Rindam dan Kodam Pattimura.

Sesuai agenda, Pada 7 Oktober nanti seluruh pasukan TNI AD akan berangkat menuju pusat pelatihan di Hawaii Amerika Serikat. Selanjutnya latihan bersama akan dimulai pada 8 Oktober sampai 1 November mendatang.

“Latihan akan berlangsung kurang lebih satu bulan,” ujarnya.

Adi mengaku para prajurit yang dikirim untuk mengikuti latihan bersama US Army merupakan prajurit pilihan. Sebelum berangkat untuk mengikuti latihan, mereka juga telah berlatih dan mempersiapkan diri dengan baik.

Baca Juga :   Kesal Dengan Selingkuhan Jadi Motif Utama Pelaku Bakar KMP Lelemuku

Menurutnya keikutsertaan prajurit Kodam Pattimura dalam latihan bersama US Army tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersediri tidak hanya bagi para prajurit tapi juga Kodam Pattimura.

“Iya ini sebuah kebanggaan. Ini tentu menjadi pengalaman berharga bagi para prajurit. Mereka bisa bertukar informasi, pengetahuan dan keterampilan di sana,” ujarnya.

Adi juga mengaku puluhan prajurit Kodam Pattimura yang dikirim ke Hawai untuk latihan bersama US Army agar dapat menjaga kekompakan dan bisa menjalin silaturahim dan komunikasi dengan tentara dari Negara asing.

“Tidak kalah pentingnya adalah menjaga silaturahim, menjalin komunikasi dengan tentara dari Negara asing,” ujarnya.

Sebelumnya Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan telah meninjau persiapan jelang latihan
bersama atau Lightning Forge antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat di markas komand Yonif Raider 733 Masariku, pada Jumat (24/09/2021) pekan lalu.

Baca Juga :   Gempa 6,1 Magnitudo Rusak 40 Rumah Warga di Maluku Tengah

Saat itu Pangdam ikut meninjau langsung persiapan pasukan yang sedang melaksanakan latihan tempur dan ketangkasan fisik serta mengecek kesiapan perlengkapan yang akan digunakan pada saat latihanbbersama nanti.

Perlengkapan tersebut antara lain meliputi perlengkapan perorangan, obat-obatan dan perlengkapan IPP Set dukungan dari Slatad.

Pangdam mengajak para prajurit untuk dapat memanfaatkan latihan bersama di Hawaii, Amerika Serikat dengan baik untuk mendapatkan pengalaman sebanyak- banyaknya selama latihan dengan tentara negara asing.

Pangdam juga mengingatkan para prajurit untuk selalu menjaga nama baik kesatuan TNI AD selama mengikuti latihan bersama US Army.

“Jaga nama baik TNI, biasakan komunikasi dengan bahasa Inggris agar terjalin hubungan baik dan tetap jaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan,” kata Bambang. (KPL)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait