Pangdam Pattimura Berkunjung ke Kesultanan Tidore

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Panglima Kodam (Pangdam) XVI Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Senin (6/9/2021).

Selama di Tidore, Pangdam dan rombongan ikut melakukan kunjungan ke kedaton Kesultanan Tidore.

Pangdam bersama rombongan tiba di pelabuhan Trikora Kelurahan Goto Kota Tidore pukul 09.00 WIT. Saat tiba, Pangdam bersama rombongan disambut dengan tradisi Jokohale (injak tanah) yang merupakan tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Bumi Tidore.

Kedatangan Pangdam disambut Wali kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim bersama Forkompinda setempat, turut serta dalam rombongan Kunker Pangdam diantaranya, Kasrem 152 Baabullah Kolonel Inf. Wawan Subarjo beserta istri, Dandim 1505 Tidore Letkol Inf. Bunzamin Jayatri bersama istri, para Asisten Kodam XVI Patimura, para Kasi Kasrem 152 Baabullah.

Usai mengikuti tradisi Jokohale Pangdam beserta rombongan langsung menuju ke Kadaton Kesultanan Tidore untuk bersilahturahmi dengan pamangku Adat Kesultanan Tidore.

Saat tiba di kedaton Tidore, Pangda dan rombongan diterima langsung oleh Jogugu Kesultan Tidore H. Muhammad Amin Al-Faaroek bersama Bobato Adat Kesultanan serta sejumlah Pimpinan SKPD.

Baca Juga :   Polda Maluku Bagi Sembako, Masker hingga Anakan Tanaman untuk Mahasiswa Papua

Dalam kesempatan tersebut, Jogugu Muhammad Amin mengucapkan selamat datang kepada Panglima Kodam XVI Pattimura beserta rombongan.

Dalam pertemuan itu Muhamad Amin menyampaikan komitmen warga Tidore yang hingga kini selalu setia kepada NKRI.

Menurut Muhamd Amin ada dua tokoh besar yang menjadi perekat, penyemangat dan selalu menginspirasi warga Tidore untuk tetap berjuang dan selalu setia ke NKRI.

Kedua tokoh besar Yaitu Muhammad Amiruddin Syah atau Sultan Nuku yang mempunyai andil besar dalam mempersatukan masyarakat selama 28 tahun selama menjadi sultan dan salah satu putra terbaik Tidore yang telah menjadi Pahlawan Nasional di Negara Afrika Selatan yakni Tuan Guru Imam Abdullah Bin Qhadi Abdusalam.

Baca Juga :   25 ABK KM Hentri yang Hilang di Laut Maluku Diduga Telah Meninggal Dunia

Sultan Nuku sendiri diketahui memilkiki kekuasaan yang sangat besar yakni sepertiga dari wilayah Indonesia saat berkuasa.

Sementara Pangdam dalam sambutannya mengatakan sangat bangga bisa berkunjung ke Kota Tidore yang terkenal dengan kearifan lokalnya, dan keindahan alamnya yang luar biasa, serta keramahan warga masyarakat Tidore Kepulauan pada kunjungan kali ini.

Setelah itu Pangdam bersama rombongan melanjutkan agendanya bersilaturahmi ke Kediaman Walikota Tidore Kepulauan. Dalam setiap kegiatan tak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dalam kunjungan kerja ke Maluku Utara ini, pangdam juga ikut bertemu para prajuritnya di wilayah tersebut. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait