Nakes di Maluku yang Sudah Vaksinasi Mencapai 95 Persen

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku memastikan tenaga kesehatan (Nakes) yang sudah mengikuti vaksinasi di wilayah tersebut telah mencapai 95 persen.

Sebelumnya berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia (WHO), per 1 September 2021 jumlah nakes di Maluku yang belum mengikuti vaksinasi sebanyak 12 persen. Data tersebut menjadikan Maluku sebagai salah satu daerah dengan tingkat capaian vaksinasi tenaga kesehatan paling rendah di indonesia.

“Sampai saat ini sudah 95 persen nakes yang telah mengikuti vaksinasi, jadi sudah hampir 100 persen,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Maluku, dr Doni Rerung kepada kampiun.co.id, Minggu (5/9/2021).

Doni  mengakui lambatnya tenaga kesehatan di Maluku mengikuti vaksinasi karena beberapa faktor, salah satunya soal geografis wilayah Maluku yang terdiri dari pulau-pulau. Selain itu masih ada nakes di Maluku yang takut mengikuti vaksinasi.

“Dari lima persen yang belum vaksin itu mungkin karena mereka berada di wilayah terpencil dan pulau-pulau terluar yang terbatas akses dan mungkin juga ada yang takut vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu alasan lainnya kata Doni, nakes yang belum ikut vaksinasi itu  kemungkinan karena faktor kesehatan mereka yang tidak memungkinkan untuk mengikuti vaksinasi seperti sedang sakit, dan memiliki penyakit bawaan.

Baca Juga :   Kapal Mati Mesin, 100 Penumpang Terombang Ambing di Laut Aru

“Jadi bisa begitu ada yang sakit dan mungkin juga ada penyakit bawaan,” ujarnya.

Ia pun memastikadalam waktu dekat, seluruh nakes di Maluku sudah mengikuti vaksinasi.

Khusus untuk sebagian kecil nakes yang belum mengikuti vaksinasi hingga saat ini, Doni mengimbau agar mereka segera mengikuti vaksinasi sebab nakes harus menjadi teladan kepada masyarakat.

“Mereka (nakes) yang Belum vaksinasi harus menjadi teladan bagi masyarakat, kalau mereka ikut vaksinasi itu dengan sednirinya akan memengaruhi masyarakat, jadi harus menjadi teladan. Kami berharap mereka yang belum vaksinasi segera vaksinisai,” harapnya. (KPL)

Baca Juga :   255 Pasien Positif di Maluku Sembuh dari Corona, 2 Meninggal Dunia

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait