Meski Diguyur Hujan Deras, Upacara HUT Kota Ambon Berlangsung Hikmat

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Hujan deras mewarnai upacara Peringatan Hari Ulamg Tahun (HUT) Ke 446 Kota Ambon Tahun 2021 yang berlangsung di Lapangan merdeka Ambon, Selasa (7/9/2021).

Meski diguyur hujan deras, namun perayaan HUT Kota Ambon yang terakhir dalam kepemimpinan Wali Kota Richard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler itu tetap berjalan penuh hikmat.

Upacara yang kental dengan nuansa budaya dipimpin langsung Upulatu Kota Ambon, Richard Louhenapessy yang bertindak sebagai inspektur upacar, dan Camat Teluk Ambon, Imelda Tahalele selaku kapitan.

Dalam acara itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon tampak mengenakan baju kebesaran upulatu, sedangkan para tamu undnagan mengenakan pakaian adat khas Ambon.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Jan De Fretes, Ketua Dewan Pegurus APEKSI, yang juga Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, serta unsur Forkopimda Maluku dan Kota Ambon.

Upulatu dalam amanatnya, mengatakan hari ini pemerintah dan masyarakat kota Ambon harus bersyukur karena kota Ambon telah menginjak usia ke 446 Tahun. Itu semua, diakuinya karena penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga :   Pekan Selebrasi Vaksin Dibuka, 9.000 Anak di Ambon Langsung Ikut Vaksinasi Covid-19

“Kalo (Jika) katong (kita) ada sampai hari ini, itu tagal (karena) Tuhan Allah pung (punya) piara (penyertaan),”kata Upalatu dalam logat melayu-Ambon.

Dikatakan, karena pandemi Covid-19 tidak banyak kegiatan meriah yang dilaksanakan menyongsong HUT Kota Ambon, seperti Amboina Music Carnival, Lomba Baris Indah dan Lomba Empang, makan patita di desa/negeri dan kelurahan, namun itu semua tidak mengurangi rasa syukur atas pertambahan usia kota ini menjadi 446 tahun.

Upulatu mengakui, ungkapan syukur dilaksanakan dalam kegiatan Doa Untuk Ambon yang merupakan kegiatan terpenting dalam rangkaian HUT Kota Ambon.

Baca Juga :   Lantamal Ambon Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Negeri Mamala

“Sombayang (doa) voor (untuk) Ambon, samua (semua) angka (mengangkat) hati, satu hati bilang (katakan) dangke banya (terima kasih banyak) par Tuhan Allah, yang su jaga kota selama ini,” terangnya.

Dijelaskan, perayaan HUT Ke 446 kota Ambon dilaksanakan dibawah sorotan tema “Ambon Tangguh” yang menjadi harapan dan keinginan Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon agar memiliki nilai – nilai ketangguhan menghadapi tantangan terutama Pandemi Covid-19.

“Jang (jangan) koro (ciut), jang undur (mundur) mari toma (bergerak) maju karena katong pernah hadapi yang lebe(lebih) berat dari ini,”tambahnya.

HUT Ke-446 Kota Ambon, kata Upulatu, menjadi yang terakhir baginya dan Wakil Walikota (Wakil Upulatu) Syarif Hadler, serta Sekretaris (Juru Tulis) Kota Ambon, A.G Latuheru, untuk itu dirinya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait