Kapal Penangkap Cumi Terbakar di Laut Tanimbar, 2 ABK Tewas, 25 Hilang

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebuah kapal motor nelayan, KM Hentri dilaporkan terbakar di peraiaran Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Kapal yang mengangkut 32 Aanak Buah Kapal (ABK) itu terbakar di antara peraiaran Pulau Molu Kepulauan Tanimbar dan peraiaran Maluku Tenggara.

Kepala Basarnas Ambon, Mustari menjelaskan kapal tersebut awalnya bertolak dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta pada 15 Agustus 2021 hendak menuju Papua. Namun saat melintas di peraiaran Kepulauan Tanimbar, kapal tersebut diterjang gelombang tinggi hingga terjadi guncangan hebat yang mengakibatkan kapal tersbeut terbakar.

“Dari laporan yang kami terima kapal tersebut terbakar di laut pada 3 September 2021 sekira Pukul 05.00 WIT,” kata Mustari kepada kampiun.co.di via telepon seluler, Kamis (9/9/2021).

Mustari mengaku pihaknya sendiri baru menerima laporan kecelakaan kapal tersebut pada Rabu (8/9/2021) kemarin.

Dari laporan yang diterima, insiden kebakaran kapal tersebut menyebabkan dua ABK meninggal dunia  dan 25 ABK lainnya masih dinyatakan hilang. Puluhan ABK yang masih hilang itu melompat ke laut untuk menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi.

“Laporan yang kami terima dua ABK meninggal dunia, lima ABK selamat dan 25 ABK lainnya masih hilang,” katanya.

Baca Juga :   Ibu Hamil di Ambon Mulai Disuntik Vaksin, Hari Pertama Ditargetkan 200 Orang

Menurut Mustari setelah menerima laporan tersbeut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Lantamal IX Ambon dan Guspurla Ambon, Polairud, KPPP dan instansi terkait lainnya untuk melakukan operasi pencarian.

Saat ini tambah Mustari, tim SAR gabungan sedang melakukan pencarian terhadap 25 ABK yang belum ditemukan tersebut.

“Karena kita baru dapat laporan kemarin, kita langsung koordinasi dan saat ini masih dilakukan pencarian,” ujarnya.

Dari sebua video yang beredar, tampak sebua kapal nelayan mencoba menolong kapal yang terbakar tersebut namun, kondisi tidak memungkinkan karena hamper semua bagian  kapal sudah terbakar dan nyaris tenggelam. (KPL)

Baca Juga :   Kerbau Moa MBD Diusul Kementan untuk Dikembangkan Sebagai Plasma Nuftah Ternak Nasional

 

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait