Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Maluku Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID- Gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Privinsi Maluku, Rabu (8/9/2021) pagi.

Gempa yang terjadi pada Pukul 09.13 WIT ini berpusat pada lokasi 7.68 Lintang Selatan dan 128.45 Bujur Timur atau berjarak 77 km timur laut Tiakur dan 127 km bagian barat Tepa Maluku Barat Daya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon menyebut gempa tersebut merupakan jenis gempa menengah pada kedalaman 148 km dibawah permukaan laut.

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang
ditimbulkan akibat gempa tersebut.

BMKG memastikan gempa itu tak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga warga diminta tidak perlu panik dan mempercayai isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” bunyi pernyataan BMKG dalam keterangan resminya.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam wilayah rawan gempa.

Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar menyebyakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KPI)

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang SBT, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait