Gelombang 6 Meter Ancam Peraiaran Maluku, Nelayan Diminta Waspada

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca buruk dan  gelombang tinggi di wilayah Maluku.

BMKG memperingatkan cuaca buruk dan gelombang tinggi hingga mencapai enam meter berpeluang terjadi di sejumlah peraiaran laut Maluku hingga Jumat (10/9/2021).

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar mengatakan untuk gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di laut Seram Bagian Timur, Peraiaran Pulau Buru, Peraiaran Pulau Ambon dan Lease, Perairan Selatan Pulau Seram dan Laut Banda.

Sedangkan gelombang dengan ketinggian 4 hingga 6 meter berpeluang terjadi di Peraiaran Sermata-Leti, Peraiaran kepulauan Babar, Laut Tanimbar, Peraiaran Kai, Laut Aru dan laut Arafuru bagian  tengah dan barat.

“Ancaman gelombang tinggi mencapai enam meter berpeluang terjadi di sejumlah peraiaran Maluku hingga Jumat besok,” kata Ashar dalam keterangan terulis yang diterima Kampiun.co.id, Kamis (9/9/2021).

Selain gelombang tinggi, cuaca buruk berupa angina kencang juga terpantau di peraiaran Pulau Sermata, Kepulauan Aru, Laut Banda dan Laut Arafuru.

“Di sejumlah peraiaran Maluku angina bertiup dengan kecepatan 30 knot,” ujarnya.

Terkait cuaca buruk dan gelombang tinggi di sejumlah peraiaran Maluku itu, Ashar mengimbau warga khususnya para nelayan tradisional dan juga penyedia jasa transportasi laut agar lebih waspada dengan kondisi cuaca yang terjadi.

Baca Juga :   16 Kali Gempa Susulan Guncang Tehoru hingga Tengah Malam

“Untuk nelayan dan armada transportasi agar dapat memperhatikan risiko keselamatan pelayaran,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Henri Farfar juga mengimbau hal yang sama kepada para nelayan dan penyedia jasa transportasi laut.

“Demi keselamatan, kami mengimbau agar para nelayan dan penyedia jasa transportasi laut dapat lebih waspada dengan konsisi cuaca buruk dan gelombang tinggi saat ini,” pintanya. (KPL)

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo di SBT Dipicu Aktivitas Sesar Aktif Palung Seram

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait