Demi Kemanusiaan, 76 Eks ABK Asing di Maluku Bakal Jadi WNI

Baca Juga

AMBON,SENTRALTIMUR.COM-Puluhan warga negara asing (WNA) yang saat ini berada di sejumlah daerah di Maluku bakal segera menjadi warga negara indonesia atau WNI.

Pasalnya saat ini Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku tengah memberikan layanan kewarganegaraan bagi puluhan eks ABK tersebut.

Puluhan WNA yang akan mendapat layanan kewarganegaraan ini merupakan eks ABK asing yang telah menetap di sejumlah wilayah di Maluku dalam rentan waktu yang cukup lama dan banyak dari mereka telah menikah dengan warga setempat.

Kepala Kantor Kementrian Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Andi Nurka mengakui saat ini ada sebanyak 76 eks ABK asing di Maluku yang sedang diproses untuk mendapatkan pelayanan sebagai WNI.

“Ada 76 ABK. Prosesnya panjang. Tapi pertimbangannya ini kemanusiaan ya. Mereka ini sudah menikah dan banyak yang sudah punya keluarga di sini,” kata Andi kepada kampiun.co.id saat dikonfirmasi via telepon seluler, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga :   Gelar Aksi Solidaritas, Warga Muslim Maluku Panjatkan Doa Lindungi Warga Palestina

Dia menjelaskan, pihaknya bisa saja mendeportasi puluhan eks ABK asing itu ke negara asalnya, namun ada banyak hal yang menjadi pertimbangan.

Selain masalah kemanusiaan, ada berbagai masalah lain yang juga harus dipertimbangkan, salah satunya banyak eks ABK yang tidak lagi menyimpan dokumen dari negaranya.

“Soal hak azasi manusia, status kewarganegaraan mereka banyak maslaahnya lalu bagaimana kalau mereka dideportasi bagaimana dengan keluarga mereka jadi banyak masalahnya. Mereka sudah nikah siapa nanti yang mau mengurus anaknya istrinya, ini jadi beban Negara dan daerah,” ungkapnya.

Saat ini kata Andi pihaknya terus mendata dan melengkapi berkas administrasi puluhan ABK yang ada di Maluku tersebut.

“Sudah dukung jadi tinggal finalisasi dari ditjen AHU kita sekarang masih menggarap data-data mereka per daerah per kabupaten kota per kelurahan,” ujarnya.

Baca Juga :   Plh Sekda Tutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Tahun 2021

Terkait masalah tersebut, kanwil Kemenkumham Maluku sendiri telah pihaknya melaksanakan rapat teknis persiapan layanan kewarganegaraan eks ABK asing, bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) yang dipimpin oleh Kepala Subdir Status Kewarganegaraan, Delmawati di Aula Kanwil Maluku pada Rabu (22/9/2021).

Rapat itu juga melibatkan Divisi Pelayanan Hukum dan Divisi Keimigrasian pada Kanwil Maluku, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian, serta Sub Direktorat Status Kewarganegaraan Ditjen AHU yang datang ke Ambon.

Menurut Delmawati kegiatan pelyanan kewarganegaraan terhadap eks ABK asing yang saat ini dilaksanakan di Maluku sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di Kanwil Sulawesi Utara (Sulut) pada 2019 lalu.

“Kegiatan pelayanan kewarganegaraan seperti ini terakhir kami lakukan di Sulut 2019 lalu, dan kini kami hadir dimaluku atas permintaan Bapak Kakanwil sebagai upaya pemutihan status kewarganegaraan para ex crew ABK asing yang sudah menikah dan berkeluarga di Indonesia khususnya Maluku,”ujar Delmawati. (KPL)

Baca Juga :   Vaksinasi Merdeka Dimulai, Polda Maluku Sasar Rumah Ibadah, Kampus hingga Komunitas

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait