Dalam Sepekan Terakhir 47 Kali Gempa Bumi Guncang Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Provinsi Maluku menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang rawan akan gempa bumi. Buktinya dalam sepekan terakhir ini saja ada puluhan gempa yang mengguncang wilayah Maluku.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon mencatat dalam sepekan terhitung sejak 27 Agustus hingga 2 September 2021 sebanyak 47 kali gempa telah mengguncang wilayah Maluku.

Data tersebut berdasarkan peta sesmik wilayah Maluku yang dirilis BMKG stasiun Geofisika Ambon pada Sabtu (4/9/2021)

Dari 39 kali gempa yang terjadi di wilayah Maluku itu umumnya didominasi oleh gempa dibawah 5 magnitudo.

Gempa yang terjadi dalam sepekan juga umumnya merupakan gempa dangkal dengan pusar kedalaman dibawa 60 km.

Ada beberapa gempa yang merupakam jenis gempa dalam karena pusat mencapai 300 km. Dari puluhan gempa yang terjadi dalam sepekan itu, tidak ada gempa yang dirasakan getarannya.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KPL)

Baca Juga :   2 Menteri Tinjau Lokasi Ambon New Port dan Pelabuhan Terintergrasi

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait