Angin Puting Beliung Hancurkan 5 Rumah Warga di Waesama

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sedikitnya lima rumah warga di Desa Waeteba, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku rusak setelah diterjang angin puting beliung.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut, namun kejadian yang terjadi pada Selasa (7/9/2021) itu menyebabkan warga yang rumahnya mengalami kerusakan terpaksa mengungsi ke rumah-rumah kerabatnya yang aman.

Ibrahim salah satu warga setempat, mengatakan sebelum musibah itu terjadi cuaca di desa trsebut sangat buruk.

“Langit sangat gelap karena hujan lalu tiba-tiba angina kencang datang setelah itu kita lihat ada beberapa rumah warga yang rusak sampai atapnya lepas,” katanya saat dihubungi dari Ambon, Rabu (8/9/2021).

Ia mengaku saat kejadian itu situasi sangat mencekam karena hujan dan angin sangat kencang.

“Pokoknya angina kencang sekali dan tidaka da yang berani keluar rumah saat itu,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulngan Bencana Daerah (BPBD) Buru Selatan, Awat Mahulauw yang dikonfirmasi terpisah memastikan angina puting beliung yang menerjang desa tersebut menyebabkan lima rumah warga mengalami kerusakan.

“Sudah terdata untuk putting beliung itu ada lima rumah warga yang rusak,” ujarnya.

Baca Juga :   Berstatus Siaga, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Bandang di Wilayah Maluku

Ia mengaku saat ini lima keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan masih mengungsi di rumah saudaranya.

“Mereka masih mengungsi saat ini,” sebutnya.

BPBD sendiri telah membahas masalah tersebut bersama Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah setempat untuk penanganan tanggap bencana tidak hanya bagi warga di Desa Waeteba tapi juga warga di Desa Waisili yang rumah-rumahnya rusak akibat diterjang gelombang tinggi.

Ia pun mengimbau warga di wilayah itu termasuk juga para nelayan agar tetap waspada mengingat cuaca ekstrim masih terus terjadi.

“Imbauan kami agar warga agar di sana, para nelayan tetap waspada karena dengan situasi cuaca buruk ini,” katanya. (KPL)

Baca Juga :   Ratusan Rumah Warga di SBT Terancam Porak-poranda Disapu Gelombang

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait