Sejumlah Tokoh Maluku Terima Penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Lembaga Prestasi Indonesia Dunia memberikan penghargaan kepada 95 tokoh yang ada di Kota Ambon, Mauluku yang telah menginspirasi dunia.

Pemberian penghargaan oleh Alumni STM-SMK Teknik Ambon se-Jabodetabek kepada Pattimura-Pattimura Muda itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Kategori Pattimura-Pattimura Muda yang menerima penghargaan sebagai teladan dan berprestasi dibidangnya antara lain terdiri dari dari tokoh bidang Militer, Kepolisian, ekonomi, wirausaha, Budaya dan Seni Musik serta bidang-bidang lainnya.

“Dari berbagai aspek, tokoh-tokoh Maluku dan Ambon yang kami apresiasi. Untuk itu, kami mewakili Lembaga Prestasi Indonesia Dunia memberikan penghargaan kepada Pattimura-Pattimura Muda. Kami berharap tahun depan penghargaan ini digelar di Kota Ambon, ” kata Paulus
Pangka, Direktur Lembaga Prestasi Indonesia Dunia dalam keterangan tertulis yang dipubls Humas Pemkot Ambon,  (28/8/2021).

Hal senada juga dikatakan Ketua Harian Panitia Alumni STM-SMK Teknik Ambon Lintas Generasi se-Jabodetabek Kapten Effendy Abdullah.

Menurut dia, penghargaan Pattimura-Pattimura Muda yang diadakan baru pertama kali ini merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Prestasi Indonesia Dunia dengan Alumni STM-SMK Teknik Ambon yang kemudian sepakat memberikan penghargaan kepada para tokoh yang berprestasi dalam bidangnya masing-masing sehingga karya mereka merasa diperhatikan dan diapresiasi.

Baca Juga :   Widya Harap IPEMI Bantu Sejahterakan Masyarakat Maluku

“Perayaan HUT RI ke-76 ini kami jadikan momentum untuk memberikan penghargaan termasuk kepada Jurnalis atau penulis buku, bidang perkapalan, industri dan IT serta lainnya yang selama ini terabaikan, karena selama ini kita tertutup dengan sikap individual masing-masing. Kita harus lebih familiar lebih dikenal dan lebih dekat,” ujarnya.

Sementara itu, Pembina Alumni STM-SMK Teknik Ambon se-Jabodetabek, Lembaga Prestasi Indonesia Sedunia Regional Maluku, Jopie Wattimury mengatakan, sesuai hasil musyawarah dan mufakat, dan dalam beberapa kali pertemuan telah membahas Kebangkitan Pattimura Muda.

Baca Juga :   Ditangkap di Jakarta, Burunan Korupsi Proyek Taman Kota Dijebloskan ke Rutan Ambon

Karena itu, kami memberikan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia kepada Pattimura-Pattimura Muda dalam moment Peringatan HUT RI ke-76 karena perjuangan Pattimura dan kawan-kawannya untuk kemerdekaan Indonesia.

“Dengan momen ini, kami semua dapat dipersatukan dalam satu komunitas yang penuh semangat kekeluargaan dengan semboyan kebersaman kita; Ale Rasa, Beta rasa dana Lawamena Haulala, maka semua pekerjaan akan menjadi berat apabila di pikirkan dan di pikul sendiri. Tetapi pekerjaan akan menjadi ringan jika dipikirkan bersama dan dipikul bersama,” ujar Jopie.

Letjen TNi (purn) Suaidi Marasabessy yang ikut menerima penghargaan tersebut berharap generasi muda Maluku saat ini lebih bersatu lagi untuk membangun Maluku yang lebih baik.

“Secara objektif kondisi masyarakat Maluku saat ini terjadi degradasi peran jika dibandingkan para senior kami dulu yang banyak melahirkan tokoh-tokoh tingkat nasional yang sangat berkarya,” ujarnya.

Lebih lanjut Suaidi menambahkan, pekerjaan rumah yang menanti saat ini adalah bagaimana mengubah karakter orang Maluku yang bersikap sangat individual menjadi masyarakat komunal.

Tentunya hal tersebut kata dia sangat tergantung pada strategi pembangunan di Maluku yang seharusnya bukan berorientasi darat melainkan laut karena, menurutnya, wilayah Maluku 92,4 persen adalah wilayah Maritim.

Baca Juga :   Banyak Rempah-Rempah Diekspor Tanpa Koordinasi Dinas Pertanian

“Padahal laut Maluku menghasilkan Rp30 Trilun per tahun kepada negara, namun dikelola oleh pengusaha nasional dan internasional. Karena potensi yang bagus itu, sudah saatnya Maluku berpindah dari darat ke laut,” tambahnya.

Rudi Rusdiah Raih Penghargaan Pattimura Muda
Sementara itu, Rudi Rusdiah Chairman ABDI (Asosiasi Big Data & AI), Chief Editor Komite.id dan CEO PT Micronics Internusa merasa sangat terhormat menerima Anugerah Penghargaan Pattimura Muda yang bergengsi ini.

“Saya sangat bangga mendapatkan penghargaan atas pekerjaan & karir saya dalam mengembangkan industry Big Data & AI di Indonesia melalui kegiatan Websummit DataGovAi 2021 dan Websummit Satu Data Indonesia bersama empat Menteri Kabinet Indonesia Maju & Walikota Ambon Serta Dutabesar RI untuk Tiongkok dalam membangun Smart & Safe Nation yang sudah dipublikasikan di majalah Komite.id,” katanya.

Baca Juga :   Satgas Pastikan tak Ada Pejabat Terima Honor Jenazah Covid-19, Rovik Affifudin: Kalau Misalnya Ada Dikembalikan

Lebih lanjut Rudi yang juga Chief Editor Majalah Komite.id menambahkan, bahwa dirinya juga membantu Masyarakat didaerah 3T (Terluar, Terpencil dan Tertinggal) seperti di Kecamatan Long Bawan perbatasan Kalimantan Utara dengan Sarawak dan juga di Papua.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Maluku, Jajaran Walikota Ambon, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia & Para Tokoh Kota Ambon serta Para Alumni STM-SMK Teknik Ambon.

Semoga semangat Pattimura yang berjuang untuk Kemerdekaan RI ini dapat menginspirasi dan memotivasi Generasi Muda yang bertalenta dengan Kebangkitan Teknologi dalam Pembangunan Bangsa Indonesia. Salam Sehat buat kita semua. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait