Meski Diguyur Hujan, Upacara HUT RI di Lapangan Merdeka Berlangsung Penuh Hikmat

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon berlangsung penuh hikmat, Selasa (17/8/2021).

Meski upacara pengibaran bendera Merah Putih berlangsung di tengah hujan rintik tapi tidak memengurangi kekhusuan acara tersebut.

Upacara peringatan HUT ke76 RI di Lapangan Merdeka dipimpin oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara dimulai dengan masuknya Inspektur Upacara ke podium kehormatan dan diikuti laporan Komandan Upacara Letnan Kolonel Infanteri Rudolf Glenn Paulus yang sehari-hari menjabat sebagai Pabandya Jemen Srendam XVI Pattimura.

Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh tiga petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yakni Charles Efrain Efruan asal SMA Negeri 3 Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, Burhan Tuarita asal SMA Negeri 3 Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah dan Dea Ananda Saputri asal MAN 2 Masohi Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah.

Berbeda dari upacara tahun-tahun sebelumnya yang pengibaran serta penurunan bendera selalu dilakukan oleh pasukan 17, 8 dan 45.

Setelah pengibaran bendera, prosesi ditutup dengan laporan komandan upacara ke Inspektur bahwa upacara telah dilaksanakan, lalu dilanjutkan pembubaran pasukan dan gubernur kembali ke mimbar undangan.

Baca Juga :   Pemkot Beri Penghargaan untuk 1.606 Orang dan Lembaga yang Diniali Berjasa untuk Ambon

Upacara kali ini digelar terbatas seperti tahun lalu karena pandemi Covid-19. Jumlah undangan pun terbatas.

Adapun pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, selanjutnya mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara dan pembacaan doa oleh Kepala Kanwil Kemenag Maluku Djamaluddin Bugis.

Sejumlah pejabat daerah Maluku baik sipil maupun militer hadir dalam upcara tersebut diantaranya, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, Pangdam XVI Pattimura Jeffry Apoly Rahawarin, Komandan Lantamal IX Ambon Said Latuconsina, Plh Sekda Maluku Sadlie Lie, Wakapolda Maluku Jan Leonard de Fretes, jajaran pimpinan DPRD Maluku, Kajati Maluku Undang Mangopal serta Danlanud Pattimura Andreas A Dhewo.

Baca Juga :   Maluku Kirim Satu Atlet Panjat Tebing ke PON Papua, Ketum FPTI: Target Kita Juara

Usai upacara, gubernur Maluku kemudian menyerahkan bantuan social (Bansos) dari Presiden RI Joko Widodo kepada masyarakat terdampak PPKM sebanyak 3.000 paket.

1000 paket diserahkan ke Kabupaten Kepulauan Aru dan 2.000 ke Kota Ambon yang diterima Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler. (KPI).

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait