Masih Ingat Kasus Penipuan YAB?, 2 Petingginya Sudah Diserahkan ke Jaksa

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Masih ingat dengan kasus penipuan yang dilakukan Yayasan Anak Bangsa (YAB) terhadap puluhan orang di Maluku?.

Kasus tersebut kini telah rampung ditangani Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku.

Penyidik pun telah menyerahkan dua orang tersangka penipuan yaitu Josefa J. Kelbulan, Ketua YAB dan Sekretarisnya, Lambert W. Miru ke penuntut umum Kejaksaan Tinggi Maluku.

Josefa dan Lambert diserahkan bersama barang bukti hasil kejahatan mereka kepada Jaksa Penuntut Umum di Kantor Kejaksaan Negeri Ambon, Kamis (26/8/2021).

“Untuk kasus dugaan penipuan, ketua dan sekretaris Yayasan Anak Bangsa sudah kita tahap II kepada JPU pada Kamis kemarin,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat kepada wartawan, Senin (30/8/2021).

Penyerahan kedua tersangka dilakukan setelah berkas perkara mereka dinyatakan lengkap oleh JPU pada 24 Agustus 2021. Keduanya disangkakan pasal 378, pasal 372, pasal 64 ayat 1, dan pasal 55 ayat 1 angka 1 KUHPidana.

Dalam kasus tindak pidana penipuan dan penggelapan yang dilakukan YAB, Polda Maluku menjerat sebanyak 10 orang tersangka.

Baca Juga :   737 Warga Disuntik Vaksin di GVP Polda Maluku

Untuk ketua dan sekretaris YAB sendiri, berkas perkara mereka displit terpisah dari 8 anggota lainnya. “Jadi masih ada 8 tersangka lainnya yang belum diserahkan. Masih dalam tahap penyidikan,” terangnya.

Kasus yang sempat menggeparkan publik ini diusut penyidik Ditreskrimum Polda Maluku berdasarkan laporan polisi nomor : LP-B/244/IV/2021/SPKT/POLDA MALUKU, Tanggal 29 April 2021.

Untuk diketahui kedua tersangka ini melancarkan aksinya dengan cara menggalang dana dari warga dan juga anggota yayasan. Setiap warga dan anggota yayasan yang menyetor sejumlah dana dijanjikan akan mendapat uang secara berlipat dari dana yang disetor.

Para tersangka juga mengaku yayasan yang dipimpin juga bekerjasama dengan sejumlah Negara donor untuk masalah kemanusiaan.

Baca Juga :   Kapolda Ikut Rapat Percepatan Penanganan Covid-19

Kasus tersebut terbongkar setelah sejumlah anggota yayasan melaporkan kasus itu ke Polda Maluku lantaran uang yang mereka setor tidak juga kembali. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait