Lantamal Ambon Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Negeri Mamala

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI dilakukan dengan berbagai cara.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantanam) Ambon misalnya memperingati HUT kemerdekaan RI ke76 dengan menggelar upcara pengibaran bendera Mereh Putih di bawah laut.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut itu berlangsung di bawah Laut Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, (16/8/2021).

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut ini dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Marinir Said Latuconsina.

Adapun peserta upacara dalam pengibaran bendera Merah Putih di abwah laut ini melibatkan 34 peserta dari personel TNI AL, Bakamla dan juga pemerhati lingkungan.

Sedangkan pasukan pengibar bendra yakni Letda Bakamla Lorenzia Rezael Sanjaya, Serma Bakamla Zakirman, Serka Bakamla Fajar Rahmandikha, Serda Bakamla Achmad Romi, serta Mayor Marinir Patrick Pattiasina selaku Komandan Batalyon dan Pasi Ops Yon Marharlan Lantamal Ambon.

Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Marinir Said Latuconsina mengatakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut saat HUT kemerdekaan RI telah menjadi tradisi bagi Lantamal Ambon.

Baca Juga :   Wagub Orno Pimpin Penurunan Bendera HUT RI ke-76

“Jadi apa yang memang kita laksanakan pada pagi hari ini dalam rangka dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-76. Kegiatan ini sudah kita laksanakan secara turun-temurun, sehingga ini kita sudah menjadi traridisi di Lantamal IX Ambon,” kata Said dalam keterangan resminya, Selasa (17/8/2021).

Dalam kegiatan itu, Lantamal Ambon juga menggelar aksi lingkungan berupa penanaman dan transplantasi karang di bawah laut Negeri Mamala.
Menurut Said kegiatan penanaman dan transplantasi karang itu dilakukan untuk melestarikan laut dan juga menjaga setiap habitat laut di peraiaran tersebut dari kepunahan.

“Kita juga melakukan penanaman terumbu karang, memang penanaman terumbu karang ini sudah kami laksanakan, dan kegiatan tahun ini kita memperbaiki terumbu karang yang rusak kita tanam kembali,” katanya.

Baca Juga :   10 Hari Hilang di Laut Tanimbar, Nasib 25 ABK KM Hentri Masih Misterius

Ia berharap penanaman dan transplantasi terumbu karang yang dilakukan itu kiranya dapat menjadikan laut tersebut tetap lestari dan akan menjadi rumah bagi ikan di laut tersebut.

“Sehingga kita harapkan pantai disekitar sini yang tadinya masih banyak kekurangan terumbu karang, dengan kita taman dan memperbaiki kembali, harapan kita kedepan ini menjadi tempat berkumpulnya ikan,” tutup Said. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait