Jadi Kelompok Sasaran Vaksin, Ibu Hamil di Maluku Mulai Data

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Pendataan ibu hamil dan menyusui oleh petugas puskesmas saat ini mulai dilakukan di Maluku. Pendataan itu dilakukan karena ibu hamil dan menyusi juga akan diberikan vaksin.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Doni Rerung mengatakan sesuai surat edaran dari kementrian kesehatan seluruh ibu hamil dan menyusui juga akan mendapatkan vaksin.

“Karenanya pendataan ibu hamil dan menyusui saat ini tengah dilakukan,” kata Dono kepada Kampiun.co.id via telepon seluler, Jumat (6/8/2021).

Menurut Doni, selain lansia dan kelompok yang memiliki penyakit bawaan,  ibu hamil dan menyusui juga merupakan kelompok rentan terpapar Covid-19. Sehingga mereka perlu dilindungi dengan cara diberikan vaksin.

Adapun jenis vaksin yang akan diberikan kepada ibu hamil dan menyusui di Maluku adalah jenis Pfizer dan Moderna. Namun sejauh ini, kata Doni vaksin untuk ibu hamil dan menyusui belum dikirim ke Maluku.

“Karena vaksinnya belum datang, memang saat ini sudah ada vaksin moderna di Maluku tapi itu khusus digunakan untuk para nakes, kalau pfizer dan moderna untuk ibu hamil itu belum ada dan kita masih tunggu,” akunya.

Baca Juga :   Minta Divaksin, Ratusan Warga Serbu Tribun Lapangan Merdeka

Ia mengatakan setelah vaksin untuk ibu hamil dan menyusui itu dikirim ke Maluku maka pihaknya akan menggunakannya sesuai dengan petunjuk dari kementrian kesehatan.

“Jadi saat ini ibu hamil dan menyusui itu masih di data untuk menentukan target berapa nanti yang akan divaksin,” ujarnya.

Merujuk pada surat edaran menteri kesehatan, kegiatan vaksinasi bagi ibu hamil akan dimasukkan dalam kriteria khusus sehingga proses skrining atau penyaringan vaksinasi tersebut dilakukan secara lebih detail dibandingkan dengan sasaran lain.

Dalam surat edaran itu, kementerian juga melampirkan format data untuk melakukan skrining pada peserta vaksinasi.

Baca Juga :   Minta Warga Dukung Vaksinasi, Kapolda Maluku: Jangan Percaya Hoaks

Pemerintah akan melakukan monitoring untuk mengetahui apakah ada efek samping yang muncul dari pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil.

Menurut Doni sambil menunggu pengiriman vaksin, saat ini pendataan terhadap ibu hamil dan menyusui harus dilakukan lebih awal agar dapat diketahui jumlah kelompok sasaran.

“Yang paling penting didata dulu nanti ada petunjuknya,” katanya. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait