Ironi di Pulau Seram Warga Pegunungan Perbaiki Jalan Rusak 37 Km

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Warga Desa Huku Kecil, Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku bahu membahu memperbaiki dan membersihkan akses jalan yang rusak parah menuju desa mereka, Kamis (26/8/2021).

Jalan rusak yang diperbaiki warga itu merupakan akses jalan yang puluhan tahun lalu dibuka oleh sebuah perusahan kayu pernah beroperasi di wilayah itu.

Warga terpaksa membersihkan dan memperbaiki jalan tanpa aspal yang rusak parah itu karena jalan tersebut merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan desa mereka dengan ibu kota kecamatan di Elpaputih.

Selain membersihkan tanaman liar yang menutupi badan jalan, warga juga ikut menimbun jalanan berlubang dan memindahkan batang kayu dan batu-batu besar dari atas badan jalan yang rusak sepanjang 37 km itu.

Mereka melakukannya hanya dengan peralatan seadanya seperti pacul, sekop, linggis dan parang.

“Hari ini kita masyarakat Desa Huku Kecil gotong royong memperbaiki jalan jalan yang rusak sejauh 37 Km,” kata Stevy seorang warga Negeri Huku Kecil saat dikonfirmasi Kampiun.co.id dari Ambon, Kamis.

Baca Juga :   Densus 88 Tangkap 13 Terduga Teroris, Pasca Serangan Bom Bunuh Diri di Makassar

Stevy menjelaskan warga bahu membahu membersihkan dan memperbaiki akses jalan tersebut agar warga yang hendak ke Elpaputih tidak mearasa kesulitan. Aksi itu juga dilakukan untuk menggugah nurani pemerintah daerah agar dapat membangun akses jalan yang memadai ke desa tersebut.

“Kita perbaiki sendiri jalan ini karena selama ini pemerintah tidak pernah mau memperhatikan kami di sini, jadi kita harap pemerintah tergugah nuraninya,” katanya.

Desa Huku Kecil dan sejumlah desa lainnya di wilayah pegunungan selama ini memang terisolasi karena tidak adanya akses jalan yang dibangun pemerintah.

Warga berharap ada keadilan dari pemerintah daerah untuk melihat pembangunan desa-desa yang ada di wilayah pegunungan, salah satunya dengan membangun akses jalan ke wilayah itu.

Baca Juga :   Densus 88 Tangkap 13 Terduga Teroris, Pasca Serangan Bom Bunuh Diri di Makassar

“Kami hanya berharap keadilan dari pemerintah,” katanya.

Camat Elpaputih Ulis Nuhuway mengakui telah menyampaikan keluhan warga di wilayah tersebut baik soal tidak adanya akses jalan maupun sarana kesehatan kepada pemkab Seram Bagian Barat, namun hal itu belum ditindaklanjuti.

“Sudah beberapa kali saya sampaikan masalah ini ke Pmeda SBB tapi kewenangannya kan ada di Pemda,” katanya.

Untuk diketahui tidak adanya akses jalan serta fasilitas kesehatan di Desa Huku Kecil membuat warga yang sakit atau mau melahirkan harus ditanduk keluarganya ke Elpaputih dengan menempuh jalan yang terjal hingga mencapai 37 km.

Pekan lalu seorang ibu hamil yang hendak melahirkan bayinya djuga itandu keluarganya dari desa menuju Puskesmas di Elpapaputih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Seram Bagian Barat yang berulang kali dikonfirmasi terkait hal itu tidak berhasil dihubungi. (KPI)

Baca Juga :   Datang ke Ambon, Presiden Jokowi Hanya Ingin Pantau Vaksinasi Massal di RSUP

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait