Hore..! 7 Kapal Perintis Kembali Diizinkan Beroperasi di Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Ada kabar baik untuk warga di Maluku khususnya bagi warga yang mendiami pulau-pulau terluar dan terpencil.

Kabar baik itu adalah tujuh kapal perintis yang sempat stop beroperasi selama dua bulan lamanya kini kembali diizinkan berlayar.

Ketujuh kapal perintis ini kembali diizinkan melayari rute antarpulau di wilayah Maluku setelah adanya lampu hijau dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan yang mengizinkan kapal kembali berlayar.

Sebelumnya tujuh kapal perintis di Maluku tidak bisa beroperasi karena adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiaatan masyarakat (PPKM) di wilayah Maluku terhitung sejak 8 Juli 2021 lalu.

Kepala Operasional PT Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaf mengatakan tujuh kapal perintis di Maluku kini mulai beroperasi setelah adanya izin operasi dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

“Sudah. Tujuh kapal perintis di Maluku kini sudah kembali diizinkan beroperasi lagi,” kata Muhammad Assagaf kepada kampiun.co.id saat dikonfirmasi via telepon seluler,” Sabtu (28/8/2021).

Ia menjelaskan sepkan yang lalu dua kapal perintis yang melayari pulau-pulau terpencil dan terluar di wilayah Maluku Barat Daya sudah beroperasi dan hari ini lima kapal lainnya sedang dipersiapkan untuk beroperasi.

“Seminggu lalu itu dua kapal Sabuk Nusantara 72 dan 81 sudah berangkat itu permintaan khusus dari masyarakat di sana, dan saat ini kapal perintis lainnya sudah persiapan untuk beroperasi. Hari ini rencana Sabuk Nusantara 106 kita berangkatkan ini lagi isi bahan bakar,” ungkapnya.

Baca Juga :   Camat Amahai Anjurkan Pemerintah Desa Perketat Pintu Masuk ke Tamilouw

Dia mengatakan pengoperasian kembali tujuh kapal perintis di Maluku ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor AL.016/4/7/DA-2021 tentang pengoperasian kembali kapal perintis yang sifatnya segera.

Muhammad mengatakan meski telah diizinkan beroperasi namun ada dua kapal yakni Sabuk Nusantara 103 dan 104 belum bisa langsung beroperasi karena harus doking.

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Tanimbar, tak Berpotensi Tsunami

“Dua kapal 103 dan 104 itu akan naik dok di awal bulan ini sedangkan Sabuk Nusantara 72 kemarin itu sudah harus berangkat dari Saumlaki tapi karena cuaca buruk ditunda sampai tanggal 30 mendatang,” ungkapnya.

Ia mengaku dengan beroperasinya kembali kapal perintis di wilayah Maluku itu maka konektivitas antarpulau di Maluku kini kembali aktif.

Beroperasinya kapal-kapal perintis di wilayah Maluku kata Muhammad juga akan snagat membantu masyarakat khususnya yang berada di pulau-pulau terluar di Maluku.

“Ini tentu akan sangat membantu masyarakat Maluku khususnya mereka yang ada di pulau-pulau. Mereka juga bisa membawa barang-barang dan sebagainya,” ungkapnya. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait