Dibangun Setahun yang Lalu, Puskesmas Megah di Aru Rusak Parah Seperti Dihantam Gempa

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebuah puskesmas inap di Kecamatan Aru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku yang baru saja rampung dikerjakan pada Juni 2020 lalu kini mengalami kerusakan parah dan tak dapat difungsikan lagi.

Parahnya kerusakan yang terjadi menyebabkan puskesmas megah itersebut tidak bisa beroperasi hingga saat ini.

Kondisi keruskaan para puskesmas tersebut kini menyebar luas dan menjadi viral setelah dibagikan di media sosial.

Dari sejumlah foto yang beredar, puskesmas tersebut tampak tak terurus dank arena banyak puing flafon yang berserakan jatuh ke lantai.

Isack, salah satu warga Kepulauan Aru, mengatakan puskesmas tersebut baru saja rampung dikerjakan tahun lalu, namun hingga saat ini puskesmas itu belum juga beroperasi.

“Itu puskesmas di Desa Longgar, itu sudah kelar dari Juli 2020 lalu tapi tidak tahu mengapa sudah rusak lagi dan tidak pernah difungsikan,” katanya kepada kampiun.co.id saat dihubungi dari Ambon, Kamis (12/8/2021).

Ia menduga pihak yang mengerjakan puskesmas tersebut hanya mencari keuntungan sehingga bekerja asal-asalan dan tidak memperhatikan kualitas bangunan.

“Saya tidak tahu kontraktornya siapa tapi saya nilai pekerjaannya tidak beres masa baru dikerjakan sudah rusak begitu,” katanya.

Baca Juga :   Kapal Mati Mesin, 100 Penumpang Terombang Ambing di Laut Aru

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Aru, dr Wati yang dikonfirmasi secara terpisah mengakui kondisi kerusakan puskesmas itu baru saja diketahuinya setelah mendapat laporan dari kepala puskesmas.

“Saya baru dapat laporan memang puskesmas itu tidak bisa difungsikan karena rusak, jadi mereka gunakan puskesmas lama,” ujarnya.

Ia mengaku tidak mengetahui pasti sejak kapan puskesmas tersebut telah mengalami kerusakan. “Yang rusak itu puskesmas baru, tapi saya tidak tahu sejak kapan rusak karena saya kan di sini (Kepal Dinas) baru dua bulan,” katanya.

Baca Juga :   KM Jervai Dievakuasi ke Dobo Setelah Mati Mesin di Peraiaran Aru

Saat disinggung soal siapa yang mengerjakan puskesmas tersebut, ia mengaku tidak mengetahuinya karena baru menjabat sebagai kepala dinas.

“Tidak tahu, karena saya baru di sini,” katanya. (KPL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait