Cuaca Buruk Landa Maluku, BPBD Minta Warga Waspada

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku mengimbau warga mewaspadai cuaca buruk yang saat ini terjadi di sejumlah wilayah di Maluku.

Kepala BPBD Maluku, Henri Farfar mengingatkan warga agar tetap waspada karena cuaca buruk disertai hujan lebat yang terjadi saat ini bisa berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir, tanah longsor dan berbagai bencana alam lainnya.

“Betul, cuaca sangat buruk di beberapa wilayah di Maluku saat ini, karena itu kami mengimbau warga tetap waspada,” kata Henry kepada kampiun.co.id via telepon seluler, Sabtu (28/8/2021)

Henri mengatakan bencana alam sangat sulit diprediksi terjadi, namun bencana yang terjadi selalu diawali dengan kondisi alam yang buruk seperti hujan lebat, kekeringan panjang, angin kencang hingga gempa dan sebagainya.

Henri meminta warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di bantaran sungai dan juga lereng-lereng gunung agar dapat mewaspadai cuaca buruk yang terjadi saat ini.

“Khususnya bagi warga yang tinggal di daerah rawan seperti bantaran sungai dan lereng gunung, mereka harus lebih waspada,” ujarnya.

Henri juga memperingatkan nelayan di wilayah Maluku, agar meningkatkan kewaspadaan dan sebaiknya tidak pergi melaut saat kondisi cuaca tidak memungkinkan.

Baca Juga :   Gelar Aksi Solidaritas, Warga Muslim Maluku Panjatkan Doa Lindungi Warga Palestina

“Termasuk untuk para nelayan, harus lebih hati-hati perhatikan kondisi cuaca kalau tidak memungkinkan tidak.peu melaut dulu,” sebutnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon sendiri telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca buruk di sejumlah wilayah di Maluku per 28 Agustus 2021.

BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di enam daerah di Maluku mulai dari Kota Ambon, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur hingga Kepulauan Aru.

Baca Juga :   Plh Sekda Tutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Tahun 2021

Selain hujan, gelombang tinggi mencapai 2,5 meter juga bakal terjadi di sejumlah peraiaran di Maluku. (KPL)

Cuaca Buruk Landa Maluku, BPBD Minta Warga Waspada

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait