Cerita Anak Yatim Dari Pulau Manipa Lulus Jadi Taruna Akmil dan Ungkapan Rasa Syukur Sang Ibu

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID.com-Jalan hidup seseorang tak bisa ditebak oleh siapapun. Begitulah yang dialami M Rizal Talapuka seorang remaja dari keluarga miskin asal Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Meski berasal dari keluarga tidak mampu Rizal Talapuka mampu meraih cita-citanya sebagai seorang Anggota TNI.

Remaja yang telah berstatus sebagai anak yatim sejak menginjak usia lima tahun ini kini dinyatakan lulus menjadi taruna Akademi Militer (Akmil) dan berhak mengikuti pendidikan calon perwira TNI AD.

Lulusanya Rizal sebagai taruna Akmil ini disambut sukacita tidak hanya oleh keluarga namun juga warga di pulau terpencil di Maluku tersebut.

Luapan kegembiraan dan rasa syukur atas kelulusan Rizal itu pun disampaikan masyarakat Pulau Manipa melalui surat terbuka yang dibacakan oleh ibu Rizal pada Rabu (11/8/2021).

Dalam surat terbuka itu, ibu Rizal, Sehatuna mengaku tidak pernah menyangka putranya akan diterima sebagai taruna Akmil, sebab ia menyadari bahwa putranya hanyalah seorang remaja yatim dan berasal dari keluarga miskin dari pulau terpencil.

“Kami sebagai warga kurang mampu tapi anak kami yang sejak umur lima tahun sudah yatim ini bisa lolos menjadi taruna akmil,” ungkap Sehatuna dalam keterangan tertulis Kodam Pattimura, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga :   Update Terbaru, Covid-19 Renggut 129 Nyawa di Maluku

Sehatuna mengaku anaknya bisa lulus sebagai taruna Akmil berkat kemurahan dan perhatian lebih dari Pangdam XVI Pattimura yang saat seleksi Akmil tingkat daerah berlangsung masih dijabat Mayjen TNI Jeffry Rahawarin.

Jeffry Rahawarin sendiri baru saja dilantik oleh Panglima TNI  sebagai Pangkogabwilhan III di Mabes TNI beberapa hari lalu. Kini pangkat Jeffri naik menjadi Letnan Jenderal dengan tiga bintang di pundaknya.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Jeffry (mantan Pangdam XVI Pattimura) atas perhatian dan kepedulian kepada kami yang tidak mampu,” katanya.

Baca Juga :   Kasus Wartawan Dipukul Saat Meliput, Komnas HAM Surati Bupati SBB, Terlibat?

Tokoh masyarakat Pulau Manipa, Muhammad Saleh Talapuka  ikut menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kelulusan salah satu remaja asal Pulau Manipa sebagai truna Akmil.

Ia mengatakan lulusnya Rizal sebagai taruna Akmil telah mematahkan image buruk di masyarakat yang selama ini melekat bahwa hanya anak pejabat dan orang kaya yang bisa mengikuti seleksi Akmil.

“Image di masyarakat yang selama ini mendaftar menjadi TNI mengeluarkan banyak biaya mampu dipatahkan dan terbukti di keluarga Rizal,” katanya.

Muhamad menambahkan lulusnya Rizal sebagai taruna Akmil tentu akan memotivasi semangat pemuda pemudi bukan hanya di Pulau Manipa tetapi juga di daerah lain di Maluku dan Maluku Utara untuk mengabdi menjadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

“Tentu ini akan menjadi motivasi bagi semua remaja di Maluku dan Maluku Utara untuk masuk menjadi anggota TNI,” akunya.

Kepala Penerangan Kodam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi PrayogoChoirul Fajar mengakui Rizal yang lulus sebagai taruna Akmil TNI AD berasal dari keluarga tidak mampu dan sejak berusia lima tahun telah ditinggal pergi ayahnya karena meninggal dunia.

Baca Juga :   Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Maluku Tengah, Getaran Dirasakan di Masohi hingga Nusalaut

“Iya betul Rizal dari keluarga tidak mampu dan sejak usia 5 tahun itu dia sudah menjadi anak yatim,” katanya kepada Kampiun.co.id. (KPI)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait