Capaian Vaksinasi Rendah, Bupati Abua: Suplai Vaksin untuk Kita Paling Sedikit

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua mengungkapkan kekurangan stok vaksin di Maluku Tengah menjadi salah satu penyebab banyak warga di wilayah itu tidak bisa mendapatkan vaksin.

“Kita di sini sangat kekurangan vaksin, kita punya jumlah penduduk paling besar di Maluku, tapi suplai vaksin untuk kita paling sedikit,” kata Abua kepada kampiun.co.id, Senin (9/8/2021).

Abua mengatakan kekuarangan vaksin juga mengakibatkan capaian vaksinasi di wilayah itu menjadi yang paling rendah di Maluku.

Sejauh ini menurut Abua, warga Maluku Tengah yang baru mendapat vaksin kurang lebih 15.000 orang.

Ia mengaku capaian vaksinasi di Maluku Tengah yang sangat rendah itu lebih disebabkan kurangnya stok vaksin yang tersedia. Kondisi itu membuat warga yang setiap hari mengantre di Puskesmas tidak bisa diberikan vaksin.

“Bukan vaksin lambat tapi tidak ada vaksin, sekarang banyak masyarakat antre di puskesmas-puskesmas di desa-desa,” katanya.

Terkait kekurangan stok vaksin di Maluku Tengah, Abua mengaku telah menyurati Dinas Kesehatan hingga gubernur Maluku Murad Ismail untuk meminta stok vaksin dikirim ke wilayah tersebut.

“Biasanya saya menyurat ke dinas kesehatan, malah saya menyurat ke pak gubernur kalau bisa memperhatikan vaksin di Maluku Tengah,” katanya.

Baca Juga :   Penjara Seumur Hidup Menanti Ewin, Si Pembunuh Sadis di Masohi

Ia menambahkan kerangnya stok vaksin di Maluku Tengah akan menjadi masalah jika tidak segera ditanagani dan hal itu akan memengaruhi program vaksinasi yang saat ini terus digalakan di Maluku Tengah.

“Suplai vaksin dari provinsi untuk kita sangat kurang sekali, sehingga saya minta dari pemprov Maluku untuk bisa mensuplai vaksin kepada kita di sini lebih dari yang kita harapkan, karena apa jumlah penduduk kita 300-an ribu belum lagi kewajiban vaksinasi bagi usia anak 12-17 tahun,” ungkapnya. (KPL)

Baca Juga :   Polda Maluku Vaksinasi 467 Warga di Dua Tempat Berbeda

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait