Banyak Nakes di Maluku Belum Ikut Vaksinasi Jadi Sorotan WHO, Ini Kata Satgas

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Tidak semua tenaga kesehatan (Nekas) di Maluku telah mengikuti vaksinasi Covid-19. Sejauh ini masih ada 15 persen nakes di wilayah Maluku yang belum mengikuti vaksinasi.

Banyaknya nakes yang belum mengikuti vaksinasi itu pun menjadi sorotan dari badan kesehatan dunia WHO.

Selain Maluku, Papua juga ikut menjadi sorotan WHO lantaran nakes yang belum diberikan vaksin di wilayah tersebut mencapai 18 persen.

Persentase nakes di Maluku yang belum divaksinasi ini tertuang dalam Situation Report-64 yang dirilis pada Rabu (25/8/2021). Situation Report ini rutin dirilis setiap pecan oleh WHO.

Menanggapi sorotan dari WHO tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Doni Rerung mengakui jumlah nakes yang telah mengikuti vaksinasi baru mencapai 87 persen.

“Benar itu, capaian vaksinasi untuk Nakes di Maluku baru 87 persen dan 13 persen yang belum divaksinasi,” kata Doni kepada Kampiun.co.id Kamis (26/8/2021).

Target Nakes di Maluku yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 14.769 orang.

Dia pun membeberkan sejumlah alasan mengapa banyak nakes di Maluku yang belum mengikuti vaksinasi hingga saat ini. Salah satu alasannya karena banyak nakes di Maluku masih merasa ketakutan dengan vaksin.

Baca Juga :   Pasien Meninggal Dunia Akibat Covid-19 di Maluku Tembus 123 Orang

“Ya mungin saja ada nakes yang takut untuk divaksinasi, bisa saja itu terjadi,” ujarnya.

Alasan lainnya, kata Doni banyak nakes di Maluku belum divaksin karena bisa saja mereka sedang sakit.

Selain itu banyak dari nakes belum divaksin karena mereka berada di wilayah terluar dan pedalaman yang tidak terjangkau akes.

“Apalagi di kabupaten khususnya di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau. Kalau di Ambon itu sudah oke,” katanya.

Ia mengaku saat ini vaksinasi untuk nakes sudah ditutup. Meski begitu para nakes yang belum diberi vaksin bisa mendaftar untuk mengikuti vaksinasi melalui jalur umum.

Baca Juga :   Polda Maluku Bahas Pemalsuan Rapid Test, 6 Orang Sudah Tersangka dalam Kasus Ini

“Penutupan vaksinasi untuk Nakes telah berakhir sejak beberapa hari lalu. Jadi nakes yang belum vaksin saat ini mereka ikut vaksinasi bersama mayarakat,” katanya.

Secara umum jumlah capaian vaksinasi bagi warga di Maluku baru mencapai 18 persen dari total target vaksinasi sebanyak 1,4 juta jiwa.

Adapun sesuai sebaran, jumlah warga yang telah mengikuti vaksinasi paling banyak berada di Kota Ambon.

“Capaian vaksinasi di maluku masih lambat baru 18 persen dari total target 1,4 juta, kalau yang tinggi itu di Ambon sudah di atas 50 persen,” katanya. (KPI)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait