Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kota Ambon, Provinsi Maluku kembali keluar dari zona merah atau risiko penyebaran Covid-19.

Ambon kembali ke zona oranye dengan mengantongi skor 1,89 atau naik 0,16 dari skor pecan sebelumnya 1,73.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Doni Rerung mengatakan keluarnya Kota Ambon dari zona merah itu disebabkan tingkat kesembuhan pasien psitif terus meningkat dan jumlah kasus baru yang terus menurun.

“Selain pasien sembuh meningkat dan pasien baru terus berkurang, pasien meninggal juga terus berkurang dan tingkat Bed Ocuppancy (BOR) atau keterisian pasien di rumah sakit di Ambon juga menurun drastis,” katanya kepada kampiun.co.id via telepon sleuler, Kamis (5/8/2021).

Doni menjelaskan, penetapan zonasi penyebaran Covid-19 berlaku seminggu sekali dan pada pekan ini Ambon berhasil keluar dari zona merah atas sejumlah indikator penilaian yang ada.

“Setiap minggu itu berlaku ada penilaian, jadi pecan kemarin Ambon masih zona merah dan pekan ini sudah zona oranye tapi skornya masih tipis,” katanya.

Doni berpandangan Ambon dapat kembali keluar dari zona merah karena keberhasilan pemerintah Kota Ambon dalam menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan amsyarakat (PPKM) mikro dalam tiga pecan terakhir.

Baca Juga :   2 Napi yang Kabur dari Rutan Ambon Ditangkap, Satu Sembunyi di Dalam Got

“Ada manfaat dari PPKM yang diterpakan ini kan fungsi PPKM itu adalah membatasi kegiatan masyarakat, termasuk membatasi kumpul-kumpul masyarakat intinya itu,” katanya.

Doni pun menilai penerapan PPKM di Kota Ambon telah berhasil menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Ambon. Karena itu ia meminta warga dapat mendukung kebijakan pemerintah agar penanganan corona dapat berjalan dengan baik.

“PPKM di Ambon ini berhasil, kita bisa lihat setelah ada tren penurunan kasus yang sangat tinggi selama PPKM. Makanya warga harus patuhi protocol kesehatan, nanti setelah situasinya terkendali PPKM ini bisa dicabut lagi agar ekonomi berjalan, aktivitas kembali normal,” katanya.

Baca Juga :   Update Covid-19 Maluku: 7.445 Pasien Sembuh, 122 Meninggal Dunia

Diketahui, per 4 Agustus 2021, total kasus terkofirmasi positif 6.072 kasus. Dari jumlah itu, 2.439 orang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri dan terpusat dan 154 pasien meninggal dunia. (KPL)

Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait