Unpatti Ambon Gelar Pembinaan Wawasan Kebangsaan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menggelar kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi mahasiswa. Kegiatan dengan latar tema Memperkokoh nilai dan karakter nasionalisme di kalangan mahasiswa, ini digelar di Lt II gedung Rektorat Unpatti Ambon, Senin, 14 Juni 2021.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran bersama dalam meningkatkan wawasan kebangsaan untuk kalangan mahasiswa sebagai generasi estafet pembangunan ini, diikuti hampir seluruh mahasiswa afirmasi dari Papua dan pulau-pulau terdepan, terpencil dan tertinggal yang sementara mengambil studi di kampus Unpatti Ambon.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti Ambon, Dr. Jusuf Madubun, dalam arahannya menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memelihara nilai-nilai kebangsaan dan tetap menjunjung tinggi nilai Pancasila.

Menurut dia, meningkatnya aktifitas mahasiswa di tengah derasnya arus digitalisasi dan globalisasi saat ini, kadang membuat mereka (mahasiswa) lupa tentang pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila dan demokrasi bangsa.

Ketika hal ini telah dilupakan, maka akan menjadi ruang yang dapat menjerumuskan mahasiswa kepada tindakan-tindakan yang diluar kehendak dan cita-citanya dalam menempuh studi di pendidikan tinggi.

Olehnya itu,  lanjut dia, menjadi penting kegiatan ini sebagai warning untuk saling mengingatkan, bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia dilandaskan kepada Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Baca Juga :   Tandatangani MoU Kerjasama, Unpatti Ambon dapat Bantuan Beasiswa Inpex Blok Masela

Sehingga, sebagai mahasiswa yang hidup di tengah-tengah perbedaan, kiranya dapat memahami hal ini secara baik, agar memudahkannya untuk berinteraksi antar sesama anak bangsa.

Sekiranya, harap dia, kegiatan ini dapat diilhami oleh para mahasiswa yang terlibat menjadi peserta, dan seluruh mahasiswa Unpatti Ambon umumnya, agar dapat menjaga hubungan toleransi antar umat beragama di kampus tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada bangsa dan negara dalam bingkai Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Baca Juga :   DPM FISIP Unpatti Gelar Sidang Umum Mahasiswa

Kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Ambon, Yan Suitela, sebagai pemateri.

Menurut Yan, kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan kesadaran bersama kepada mahasiswa, baik untuk memberikan pencerahan, memberikan masukan, share informasi tentang wawasan kebangsaan, maupun untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para peserta.

Ia menjelaskan, pada hakekatnya wawasan kebangsaan sudah sering dipraktekkan, baik di lingkungan pemerintah maupun lingkungan pendidikan seperti di kampus.

“Dengan berbagai latar belakang pendidikan, budaya dan pelbedaan fakultas, itu sesungguhnya merupakan bagian dari praktek wawasan kebangsaan,” akui dia dalam rilis diterima Kampiun.co.id, kemarin.

Ia berharap, kerjasama antara Pemkot Ambon dengan Unpatti Ambon terus ditingkatkan. Untuk mahasiswa, ia mengakui bahwa mahasiswa sesungguhnya lebih paham. Sebab, mereka langsung mempelajarinya secara teori.

Tinggal selanjutnya, teori-teori tentang wawasan kebangsaan tersebut ditindaklanjuti dengan mempraktekkannya baik di kampus maupun lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. (DBA)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait