Tambah 13 Penghuni Baru, Lapas Ambon Kini Tampung 456 Narapidana

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon kini menampung sebanyak 456 orang narapidana.

“Ada tambahan sebanyak 13 napi sehingga saat ini jumlah penghuni di kita saat ini menjadi 465 orang,” kata Kepala Lapas Kelas II A Ambon, Saiful Sahri kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Adapun 13 penghuni baru yang saat ini berada di Lapas Ambon itu dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Ambon.

Dari 13 napi ini tiga orang merupakan napi kasus narkoba dan 10 lainnya merupakan napi pidana umum.

“Ada tiga kasus narkoba dan 10 kasus pidana lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan pemindahan para napi dari Rutan Ambon ke Lapas Ambon itu telah dilakukan sesuai prosedur dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ia menambahkan saat tiba Lapas Ambon, ke-13 narapidana tersebut juga diwajibkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan yaitu mencuci tangan dan menggunakan masker, masuk ke dalam blik steril, serta pengukuran suhu badan.

“Narapidana yang dipindahkan tentunya telah dilakukan pemeriksaan rapid anti gen terlebih dahulu dengan hasil nonreaktif dan dengan kondisi kesehatan yang baik,” terang Saiful.

Ia mengaku pemindahan 13 napi tersebut karena mereka sudah berstatus A3 di Rutan Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dan Kepolisian Resor (Polres) Kota Ambon.

Baca Juga :   Cegah Gangguan Keamanan, Lapas Ambon Geledah Blok dan Kamar WBP

Menurutnya saat para napi tiba di Lapas Ambon, mereka juga diwajibkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu mencuci tangan dan menggunakan masker, masuk ke dalam blik steril, serta pengukuran suhu badan.

“Selanjutnya, narapidana juga ikut pengecekan kesehatan oleh petugas klinik lapas, melakukan tes urin sebelum ditempatkan pada kamar isolasi yang telah disediakan selama 14 hari,” katanya.

Proses pemindahan berlangsung aman dan lancar dengan pengawasan jajaran Pembinaan Narapidana dan Anak Didik, Kesatuan Pengamanan Lapas, Keamanan dan Ketertiban serta petugas pengamanan Lapas Ambon. (KPL)

Baca Juga :   Cegah Gangguan Keamanan, Lapas Ambon Geledah Blok dan Kamar WBP
Tambah 13 Penghuni Baru, Lapas Ambon Kini Tampung 456 Narapidana

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait