Sengkarut Lahan, Golkar SBB Minta DPRD Fasilitasi Pemda dan Masyarakat Duduk Satu Meja

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), meminta DPRD secepatnya memfasilitasi Pemerintah Daerah (Pemda) dan pemilik lahan (masyarakat), agar berbagai persoalan menyangkut sengketa tanah di wilayah itu dapat diselesaikan.

Permintaan ini disampaikan Ketua DPD Golkar SBB, Abdussalam Hehanussa. Dia mengatakan, akhir-akhir ini, marak masyarakat mempersoalkan lahan yang ditempati Pemda. Masyarakat bahkan tak segan-segan memblokade gedung perkantoran, yang dibangun di atas lahan mereka.

“Akhir-akhir ini, marak sekali masyarakat SBB mempersoalkan berbabagai bangunan perkantoran atau instansi yang dibangun di atas lahan mereka. Masyarakat sampai memalang dan melarang pemerintah untuk beraktivitas di kantor-kantor tersebut,” ungkap Hehanussa kepada Kampiun.co.id, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Hehanussa, kondisi tersebut sangat mempengaruhi kinerja Pemda. Karena itu, selaku Ketua Partai, ia berharap ada itikad baik dari Pemda dan DPRD selaku lembaga menyambung lidah rakyat, supaya menyelesaikan sengkarut yang masih terus berlanjut itu.

“Jika dipikir-pikir, sebenarnya persoalan ini sangat sepele. Penyelesaian sengketa ini kan soal pembayaran saja, makanya harus dicari solusinya, biar tidak berlarut-larut,” ujarnya.

Dia juga menyebut, daerah semestinya punya kesadaran dan rasa tanggung jawab atas pemakaian lahan masyarakat, yang saat ini diperuntukkan untuk pembangunan kantor-kantor pemerintah.

Baca Juga :   Aksi Blokir Jalan Warga Eti tidak Berkaitan dengan Pergantian Penjabat, Kadis PMD: Itu Mereka Cuman Emosi

Menyikapi persoalan ini juga, selaku Pimpinan Partai, dia akan menginstruksikan Fraksi Golkar agar menyelesaikan hiruk pikuk antara Pemda dan pemilik lahan.

“Persoalan ini sangat memalukan institusi Negara dalam hal ini Pemda. Ini persoalan yang sangat tidak subtansi. Pemda kan punya banyak anggaran yang bisa dialokasikan untuk menyelesaikan sengkarut itu,” ujarnya.

Solusi terbaik bagi daerah, kata dia, DPRD bisa memfasilitasi kedua bela pihak yang bersengketa. Sehingga berbagai hal terkait lahan dapat diselesaikan dengan baik, serta menghindari kegaduhan diatara keduanya.

Baca Juga :   DPRD Desak Pemerintah Daerah Percepat Pilkades di SBB

“DPRD harus mengajak Pemda dan pemilik lahan duduk satu meja untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi. Saya kira untuk masalah yang tidak subtansi seperti ini, solusinya seperti itu,” pungkasnya. (DBA)

Sengkarut Lahan, Golkar SBB Minta DPRD Fasilitasi Pemda dan Masyarakat Duduk Satu Meja

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait