Produk Pangan Lokal Harus Punya Kemasan Untuk Penuhi Kualitas Ekspor

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID –  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menyiapkan fasilitas pendukung demi mendorong pengembangan produk berbasis pangan lokal, salah satunya pembangunan rumah kemasan di tahun ini.

“Kunci produk pangan lokal ada di kemasan, kemasan lokal sudah cukup bagus. Namun untuk memenuhi kualitas ekspor, tahun ini kita akan membangun rumah kemasan di Passo,” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Hotel Marina, Senin (7/6/2021).

Walikota mengatakan salah satu fasilitas pendukung yang disiapkan adalah pembangunan rumah kemasan untuk mengurangi high cost dalam produk kemasan pangan lokal. Rumah kemasan tersebut akan melayani kemasan produk pangan lokal yang ada di kota Ambon, sehingga produsen tidak perlu lagi mengirimkan produknya untuk dikemas di Makassar atau Surabaya.

“Dengan demikian akan mengurangi high cost sehingga harga produksi bisa ditekan, dan bisa bersaing dengan produk lain,” ungkapnya.

Walikota menjelaskan, rencana pembangunan rumah kemasan sudah disampaikan dan disetujui oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Menteri sudah setuju, nantinya akan dilengkapi lagi, sehingga rumah kemasan itu tahun ini sudah dilaksanakan, tahun depan dilengkapi lagi,” ujar Walikota.

Baca Juga :   Pemkot Jemput Bola, Vaksinasi Lansia Dilakukan Door to Door

Selain pembangunan rumah kemasan, salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah melatih masyarakat dalam pengembangan produk berbasis pangan lokal, kerjasama Pemkot dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna (LP-TTG) Malindo.

“ LP- TTG Malindo, telah melaksanakan pelatihan bagi perwakilan BUMDes dan diharapkan jadi embrio bagi pembentukan kelompok usaha di desa/negeri masing – masing,” harapnya. (K-B)

Baca Juga :   Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait