PPDB Tingkat SD & SMP Masih Berlaku Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Siswa

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy, mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi satuan pendidikan tingkat SD dan SMP masih diberlakukan sistem zonasi.

” Dalam PPDB kali ini, jalur zonasi masih diberlakukan sama seperti tahun lalu, dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik, dan kapasitas daya tampung sekolah, ” kata Kadis di Balai kota, Kamis (10/6/2021).

Kata Kadis, sistem zonasi diberlakukan juga untuk maksud pemerataan siswa, misalnya untuk sekolah unggulan, kuotanya jelas 300 siswa.

” Jikalau yang mendaftar lebih dari 300, maka sisanya dialihkan ke sekolah lain yang masih jarang peminat,” jelas kadis.

Selain itu, kata Kadis jalur zonasi penerimaan siswa juga dibuka sesuai jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan orang tua/wali.

“Jalur Prestasi untuk calon siswa yang menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik, Jalur afirmasi untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu, dan disabilitas untuk mengakses pendidikan bermutu dan disubsidi oleh pemerintah, sedangkan jalur perpindahan orang tua/wali untuk memberikan kesempatan untuk anak-anak dari keluarga yang orang tuanya pindah tugas,” terangnya. (KB)

Baca Juga :   Pemkot Jemput Bola, Vaksinasi Lansia Dilakukan Door to Door

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait