Pilih Kuliah? Ambil Jurusan Kimia ada di Unpatti, Usai Wisudah Sejumlah Pekerjaanpun Menanti

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID – Ketua Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Dr. Yusthinus T. Male, S.Si, M.Si, mengatakan, mahasiswa Kimia harus rajin mereview ilmu-ilmu dasar kimia sesuai kurikulum SMA.

Selanjutnya Yusthinus menjelaskan, mempelajari Kimia ini juga harus masuk laboratorium, harus ada pembuktian. Kalau tidak ada pembuktian, kata dia itu namanya sejarah.

“Jadi harus ada pembuktian, kalau tidak dibuktikan itu namanya sejarah. Pernah ada ini tambah ini panas, tidak bisa! itu harus ada buktinya. Namun masalah sekarang ini iyalah pandemi, jadi kita belajar secara online,” ujar Yusthinus saat di wawancarai di Ruang Kerjanya, Selasa (8/6/2021)

Lanjutnya, di Jurusan Kimia terdapat 7 Laboratorium. Laboratorium tersebut yakni, Laboratorium Biokimia Organik, Laboratorium Kimia Analitik, Laboratorium Kimia Fisik, Laboratorium Kimia Anorganik, Laboratorium Kimia Dasar dan Laboratorium Komputasi.

“Jadi total semuanya itu 7 dan semuanya produktif. Kemudian sebagai orang Indonesia timur kami punya instrumen di Laboratorium Kimia Anorganik yang terbaik,” jelasnya

kemudian, kata Yusthinus, Kimia mempunyai 4 bidang khusus yang di namakan dengan kelompok keahlian atau mata kuliah pilihan. 4 bidang khusus itu yakni, Bidang Organik, Bidang Analitik, Kimia Fisika, dan Kimia Anorganik.

“Mahasiswa waktu semester 5 dia memilih mata kuliah pilihan itu. Jadi tidak asal kuliah terus meneliti itu tidak bisa, karena fundamental ilmunya nanti kurang. Jadi waktu menentukan mata kuliah pilihan itu sudah ada kelompok keahliannya yang harus di pilih,” ujarnya?

Kata Yusthinus, memilih salah satu mata kuliah pilihan itu sekaligus untuk menentukan kemana mahasiswa itu nantinya ingin bekerja pada umumnya.

Tapi yang bekerja sesuai keilmuan, kata dia, banyak yang di pertambangan, kemudian di industri bahan makanan.

“Bisa juga di Laboratorium Teknologi Kesehatan lingkungan, Dinas Lingkungan di lingkup Kabupaten maupun Provinsi, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM), itu orang kimia,” terangnya. (Abdul)

Pilih Kuliah? Ambil Jurusan Kimia ada di Unpatti, Usai Wisudah Sejumlah Pekerjaanpun Menanti

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait