Perkembangan Rekapan DPB KPU Seram Bagian Barat Naik Turun

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), saat ini gencar melakukan rekapan Data Pemilih Berkelanjutan atau DPB. Dalam beberapa bulan terakhir, datanya naik turun.

Ketua KPU SBB Syarief Hehanussa mengatakan, perkembangan rekapan DPB untuk Kabupaten SBB dilaksanakan setiap bulan dan memang selalu alami perubahan berarti.

“Terkadang mengalami perubahan. Kadang naik, kadang juga turun. Kondisi tersebut karena disetiap rekapan, kami menemukan data seperti pemilih baru dan juga pindah domesili,” ungkap Hehanussa kepada Kampiun.co.id, Senin (7/6/2021).

Sementara akibat penurunan, kata dia, karena dianggap tidak lagi memenuhi syarat, seperti sudah meninggal dunia dan pindah atau keluar dari SBB.

Untuk DPB, pihaknya sangat berharap ada perhatian dari masyarakat untuk melaporkan anaknya yang masih berusia di bawah 17 tahun atau baru mencapai usia 17 tahun.

“Jika ada pemilih dengan usia seperti ini, kita berharap segera dilaporkan ke KPU SBB untuk direkap,” pintanya.

Menurutnya, KPU punya beberapa wadah atau media yang digunakan untuk merekap DPB, seperti instgram, whatsapp, dan facebook. Jadi masyarakat bisa langsung melaporkan diri melalui media-media ini.

“Ada instagram, whatsapp, facebook dan lain-lain. Ini adalah media yang kita gunakan untuk melakukan perekapan DPB,” katanya.

Baca Juga :   Webinar Literasi Digital, Kemenkominfo Dorong Masyarakat Cerdas Gunakan Internet

Selain media-media tersebut, KPU juga melakukan rapat kooridnasi bersama instansi-instansi terkait, yakni Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian, Kementerian Agama, Lapas, Pajak dan lain-lain.

“Di Kementerian Agama misalnya, mereka menyediakan data seperti pemilih baru dan yang memiliki usia belum sampai 17 tahun. Ini yang bisa kami catat masuk dalam data pemilih,” katanya.

Jadi, lanjut dia, di lembaga-lembaga vertical tersebut sering dilakukan pendataan. Pasalnya, ada perubahan dalam hal pindah tugas.

Baca Juga :   Pohon Tumbang Timpa Kabel Listrik dan Tutup Akses Jalan Lintas Seram di SBB

“Faktor penyebab data mengalami naik turun juga karena banyak petugas yang pindah tugas,” katanya.

Dia menambahkan, KPU juga melakukan pendataan secara langsung atau faktual kepada pemilih yang muda dijangkau, karena memang terkendala anggaran.

“Ada anggaran yang sifatnya dibiaya Negara, sehingga untuk meminimalisir kami punya kebijakan sendiri dengan melibatkan relawan demokrasi,” pungkasnya.

Data diterima Kampiun.co.id, Total DPB KPU SBB yang terekap sejak Mei-Juni 2021, sebanyak 163.576. (DBA)

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait