Pengungsi di Desa Haya Keluhkan Sakit Diare, Batuk dan Gatal-gatal

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Warga Desa Haya, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, yang mengungsikan diri ke Gunung Hahan, akibat gempa magnitudo 6.1 mengguncang Tehoru dan Teluti, Rabu (16/6/2021) lalu, mulai mengeluhkan rasa sakit dan kondisi kesehatannya.

Sejumlah warga sudah mulai keluhkan sakit, seperti diare, batu-batuk dan gatal-gatal. Warga juga mengaku masih trauma atas peristiwa gempa bumi yang mengguncang wilayah Maluku Tengah.

Nabila Hatapayo, Koordinator Pos Kesehatan di Gunung Hahan mengungkap, sejauh ini proses pemeriksaan yang dilakukan pasca gempa berjalan baik. Hanya saja, ada warga lanjut usia (Lansia) dan anak-anak yang alami trauma berarti.

“Sejauh ini kami medis melakukan berbagai pengobatan terhadap pengungsi yang sakit di Pos Kesehatan. Ada rasa takut dan trauma dari warga,” katanya kepada Kampiun.co.id, Sabtu (19/6/2021).

Dia menjelaskan, kalau secara psikologi ada beberapa warga yang alami hal tersebut. Secara fisik juga, mereka mengalami nyeri pada kondisi tubuh, karena harus berjalan jauh dan naik ke dataran tinggi.

Dia mengatakan, cara penanganan medis yang dilakukan di lokasi tersebut, lebih pada pelayanan umum. Seperti memeriksa kesehatan dan memberi obat-obatan.

Baca Juga :   Upadate Terkini Gempa Malteng: 55 Rumah Warga Rusak

“Kita hanya melakukan penanganan umum, memberikan pelayanan kesehatan dan membantu obat-obatan,” katanya.

Dia mengungkap, sejumlah warga yang berada di tenda-tenda pengungsian juga mengeluhkan sakit diare, batuk-batuk dan gatal-gatal.

Prinsipnya, kata dia, pihak medis berharap, pelayanan yang dilakukan di posko-posko kesehatan, dapat membantu kondisi kesehatan warga yang saat ini menempati tenda-tenda pengungsian. (DBA)

Baca Juga :   Gempa 6,1 Magnitudo Rusak 40 Rumah Warga di Maluku Tengah

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait