Peneliti LPPM Unpatti Temukan Bahan Pengawet Alami dari Biji Atung

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Ketua Pusat penilitian pangan Lembaga Penilitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura (Unpatti), Prof. Dr. Ir  Trijunianto Moniharapon .M.S mengatakan sesuai penelitian yang dilakukan pihaknya terhadap biji Atung ternyata terbukti bisa menjadi bahan pengawet alami.

Dari hasil penelitian disebutkan biji Atung bisa menjadi bahan pengawet mengganti posisi es untuk ikan tetap segar dan juga garam dalam membantu mengawetkan Ikan asin kering.

” Memang secara empiris turun temurun sudah terbukti Atung ini bisa mengawetkan pangan dan juga bisa di gunakan untuk mengawetkan makanan,”katanya disela kunjungan BPOM RI di Pusat LPPM Unpatti, kemarin.

Kunjungan BPOM RI di LPPM Unpatti itu dalam rangka pemberian persetujuan bubuk biji Atung sebagai bahan tambahan pengawet ikan segar.

” Jadi saya sebagai tim Peneliti biji Atung ini sudah beberapa tahun menggeluti ini untuk pengolahan ikan dari teknologi hasil perikanan.
Jadi ternyata atung ini bisa berfungsi sebagai pengawet alami,”ujarnya.

Buah Atung (Parinarium glaberimum Hassk) merupakan tanaman hutan yang bijinya sejak lama telah digunakan secara tradisional oleh masyarakat Maluku untuk mengawetkan ikan tangkapan sebelum es balok dikenal, dimana hasil tangkapan tersebut tidak cepat rusak dan tahan beberapa hari sampai kapal mendarat untuk dipasarkan.

Menurutnya, Kehadiran Badan POM berkaitan dengan pemberian rekomendasi ijin biji Atung sebagai Bahan pengawet Makanan
Alami, dalam hal ini untuk pengawet ikan segar. (KB/Wan)

Peneliti LPPM Unpatti Temukan Bahan Pengawet Alami dari Biji Atung

Berita Terkini

Pasukan Lapis Kedua Italia Tundukkan Wales di Olimpico Roma

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Italia kembali memetik kemenangan kala bersua Wales di matchday ketiga Euro 2020 yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia,...

Berita Terkait