Peneliti Badan Keahlian DPR RI Temui Rektor Unpatti, Minta Masukan Soal RUU Landas Kontinen

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO ID – Peneliti Bidang Hukum Internasional dari Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, melakukan kunjungan pertemuan dengan Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum.

Pertemuan ini berlangsung di Ruang Rektor Unpatti, Jumat (4/6/2021).

Salah satu perwakilan Peneliti Bidang Hukum Internasional, Novianti SH.MH mengatakan, pertemuan ini terkait dengan pembahasan penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Landas Kontinen. Dikatakan, Landas Kontinen diatur dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1973.

“Jadi kami kesini dalam rangka mendapatkan masukan dari daerah terkait RUU ini. Karena Provinsi Maluku berbatasan dengan beberapa negara yang tentunya mempunyai permasalahan terutama illegal fishing yang tinggi di Maluku,” jalasnya

Kemudian, RUU Landasan Kontinen juga, kata dia, merupakan usul inisiatif dari pemerintah yang akan dibahas bersama DPR.

Selain itu, kata Novianti, terdapat beberapa permasalahan lain terkait dengan Landas Kontinen, seperti masalah kegiatan eksplorasi dan eksploitasi, tumpang tindih kewenangan, masalah limbah dan lain sebagainya.

“Jadi hal- hal penting ini yang tadi kami diskusikan dengan Bapak Rektor Universitas Pattimura,” ungkapnya.

Baca Juga :   Buka UTBK, Rektor Unpatti Minta Peserta yang Ikut Seleksi Fokus dan Berdoa

Dia juga berharap, RUU Landas Kontinen ini dapat memperkuat Dasar Hukum dalam melakukan klaim, perundingan, penyelesaian batas dan penegakan hukum di Landas Kontinen. Serta juga Untuk mengatur pengelolaan Sumber Daya Kelautan di Landas Kontinen. (Abdul)

Baca Juga :   Rektor Unpatti: Pemimpin Itu Harus Punya Integritas

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait