MUI Kota Ambon Sumbang Rp 338 Juta untuk Bangun RS Indonesia di Palestina

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon ikut menggalang dana untuk pembangunan rumah sakit indonesia di Palestina.

Dana yang dikumpulkan dari warga Kota Ambon hingga penggalangan ditutup pada 12 Juni 2021 lalu berjumlah sebesar Rp 338.237.700.

Dana ratusan juta untuk bantuan pembangunan rumah sakit Indonesia yang terumpul dari warga Kota Ambon dan para donator ini akan segera disalurkan MUI Kota Ambon ke MUI pusat untuk selanjutnya disalurkan lagi ke Palestina.

Ketua MUI Kota Ambon, Muhammad Rahanyantel mengatakan aksi penggalangan dana pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina dilakukan MUI Kota Ambon berdasarkan surat edaran dari MUI pusat.

“Dasar hukumnya itu surat dari MUI Pusat untuk semua MUI seluruh indonedia untuk melakukan penggalangan dana, karena MUI ada kerjasama dengan pemerintah Kota Hebron untuk bengun rumah sakit indonesia di Palestina,” ungkapnya kepada waratwan, Jumat.

Ia mengatakan aksi penggalangan dana itu murni untuk tujuan kemanusiaan dan bukan untuk mendukung aksi radikalisme atau terorisme.

Menurutnya instruksi dari MUI Pusat itu sudah lama namun baru dijalankan di Kota Ambon sejak bulan Ramadhan lalu bertepatan dengan agresi Israel ke Palestina.

Baca Juga :   Pemuda Seith Galang Dana untuk Warga Palestina

“Itu suratnya sudah lama, tapi kita baru melakukan penggalangan bertepatan dengan momentum aksi kekerasan tentara Israel di Palestina.

Perlu kami sampaikan juga bahwa penggalangan dana ini bertujuan untuk kemanusiaan untuk membantu rakyat Palestina tidak hanya yang beragama Islam tapi juga kristiani dan Yahudi yang ada di Palestina,” ungkapnya.

Sekretaris MUI Kota Ambon, Sulaiman Wasahua mengatakan dana ratusan juta yang terkumpul dari donasi masyarakat itu rencananya akan disalurkan melalui MUI Pusat di Jakarta.

“Kita sudah rapat dengan pimpinan MUI kecamatan dan keputusannya itu akan disalurkan pada Senin pecan depan. Jadi nanti ada perwakilan dari MUI Kota Ambon dan MUI Provinsi Maluku yang membawakan langsung ke MUI Pusat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Galang Dana Kemanusiaan, BKPRMI Ajak Warga Maluku Sumbang Ambulans ke Palestina

Ia merinci dari total dana yang terkumpul sebanyak Rp 338.237.700 itu, MUI Kecamatan Teluk Ambon berhasil mengumpulkan dana dari masyarakat sebanyak Rp 152.286.100.

Selanjutnya dari MUI Baguala sebanyak Rp 143.935.000, MUI Nusaniwe sebanyak Rp 15.373.000 dan MUI Sirimau sebanyak Rp 11.000.000.

Selain itu kata Sulaiman, ada juga bantuan dari masyarakat Negeri Mamala yang langsung membawa ke MUI Kota Ambon sebesar Rp 10.000.000 dan dari warga Desa Luhu sebesar Rp 4 juta lebih serta dari kelompok Sajadah Fajar Ambon sebesar Rp 2 juta.

“Selebihnya itu dari donator dan perorangan yang langsung mentransfer ke rekening MUI yang bisa kamis ebutkan satu persatu,” ungkapnya.

Ia menambahkan dari semua MUI di Indonesia yang melakukan penggalangan dana untuk pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina, sumbangan masyarakat Kota Ambon melalui MUI Kota Ambon yang paliung tertinggi se-indonesia.

Baca Juga :   Galang Dana Kemanusiaan, BKPRMI Ajak Warga Maluku Sumbang Ambulans ke Palestina

“Dari semua MUI yang galang dana MUI Kota Ambon yang paling tinggi, MUI lainnya itu umumnya tidak sampai Rp 100 juta. Karena itu atas nama MUI Kota Ambon kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ambon,” katanya.

Ketua MUI Teluk Ambon, Ustaz Sanusi mengaku penggalangan dana yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk kemanusiaaan.

Ia juga sangat mengapresiasi masyarakat non muslim yang ikut menyumbang dan terlibat dalam aksi penggalangan dana tersebut.

“Aksi penggalangan dana yang kami lakukan di Teluk Ambon melibatkan remaja masjid, majelis taklim hingga komunitas lintas agama, jadi bukan hanya muslim. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua masyarakat yang telah terlibat dalam penggalangan dana ini,” ujarnya.

Sementara Ketua MUI Baguala ustaz Slamet berharap semoga dana yang terkumpul dari warga Kota Ambon khususnya warga Baguala dapat membantu seluruh masyarakat Palestina yang menbutuhkan penanganan medis.

Baca Juga :   Pemuda Seith Galang Dana untuk Warga Palestina

“Harapannya bantuan dari warga Ambon ini bisa bermanfaat bagi seluruh warga Palestina, karena ini tujuannya untuk kemanusiaan,” katanya. (KPL)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait