Minta Warga Waspada, BPBD Malteng Juga Ingatkan Nelayan tak Melaut Saat Cuaca Buruk

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengimbau warga di daerah itu untuk lebih waspada dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi di wilayah tersebut.

Imbauan ini disampaikan menyusul adanya peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon yang memperingatkan sejumlah wilayah di Maluku Tengah akan diguyur hujan lebat dan dilanda cuaca buruk pada Sabtu (12/6/2021).

BMKG memperingatkan hujan lebat dan angina kencnag disertai petir berpotensi terjadi di sejumlah kecamatan di Maluku Tengah mulai sore ini hingga malam.

“Kebetulan di Maluku Tengah ini sudah masuk musim penghujan jadi kami mengimbau kepada semua masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan, apalagi ini juga ada cuaca ekstrem,” kata Kepala BPBD Abdul Latif Key saat dihubungi Kampiun.co.id dari Ambon, Sabtu sore.

Ia meminta warga agar lebih waspada karena hujan dan cuaca ekstrem yang terjadi dapat menimbulkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

“Kewaspadaan penting teristimewa untuk warga yang tinggal di daerah-daerah rawan bencana baik bencana banjir, longsor pohon tumbang maupun bencana air laut pasang dan gelombang tinggi,” ungkapnya.

Khusus untuk para nelayan di wilayah itu, Latif mengingatkan agar mereka lebih waspada dan tetap memperhatikan kondisi cuaca laut.

Baca Juga :   Hujan Lebat di Maluku Diprediksi Bakal Terjadi hingga Selasa Malam

Ia mengaku bagi para nelayan yang tetap memilih melaut agar sebaiknya mempersiapkan perbekalan dengan baik dan mempersiapkan peralatan keselamatan seperti pelampung.

“Kalau pun mereka (nelayan) tetap beraktifitas agar sebaiknya memperhatikan perbekalan yang cukup, peralatan seperti pelampung dan kekuatan armada harus diperhatikan betul,” katanya.

Meski begitu, demi keselamatan para nelayan, dia mengingatkan agar para nelayan tradisional sebaiknya tidak melaut saat cuaca buruk terjadi.

“Kalau cuaca laut tidak memungkinkan sebaiknya nelayan tidak melaut,” ujarnya. (KPL)

Baca Juga :   Kapal Patah Kemudi di Laut Aru, 14 Penumpang Selamat Termasuk 5 Balita
Minta Warga Waspada, BPBD Malteng Juga Ingatkan Nelayan tak Melaut Saat Cuaca Buruk

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait