Mahasiswa UGM juga Pilih Kuliah Jurusan Agrobisnis Perikanan Unpatti dalam Program MBKM

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Penerapan system Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), memberikan kebebasan bagi para mahasiswa untuk menentukan program studi dan kampus yang akan di pilih.

Di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon kebijakan populis Nadhim Makarim ini, kini tengah dalam persiapan penyesuaian untuk segera diterapkan.

Meski dalam penyesuaiannya, program MBKM ini telah diikuti sejumlah mahasiswa yang berasal dari luar Maluku yang memilih kuliah di Unpatti, tepatnya pada Program Studi (Prodi) Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpatti.

“ Ada 3 mahasiswa dari luar Provinsi Maluku yang kuliah disini, mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, UNESA Surabaya, dan Universitas Gadjah Madah (UGM), Kebetulan di mata kuliah saya, Ekonomi Kreatif Sumber Daya Perikanan dan Kelautan,” ujar Sekretaris Jurusan Prodi Agrobisnis Perikanan FPIK Unpatti, Dr. Ir. Renoldy L. Papilaya, MP saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan, mata kuliah Ekonomi Kreatif Sumber Daya Perikanan dan Kelautan sudah masuk di Dikti, dengan system pembelajaran dengan menggunakan metode Sinkronus – Ansinkronus.

Baca Juga :   8 Isu Perencanaan Program Kerja Warek III Unpatti Tahun 2022, Apa Saja?

Papilaya menjelaskan, Ansikronus artinya dosen mengirimkan tugas atau materi kepada mahasiswa lewat email dan sebagainya. Kemudian saat pertemuan daring atau Sinkronus, dosen menerangkan tugas serta materi dan kemudian mahasiswa mempresentasikan lewat virtual itu.

“Jadi saya kirim video dulu Asinkronus. Itu saya kirim cara pembuatan, nanti baru mereka praktek di rumah masing-masing secara baik. nanti dua minggu kemudian yang Sinkronus itu kita ketemu secara daring Zoom, baru kemudian mereka presentasi,” jelasnya

Metode itu, kata dia, agar dirinya selaku dosen juga bisa mengetahui bahwa mahasiswa yang di ajar itu paham dengan produknya.

“Itu supaya kita juga memang merasakan bahwa betul mereka ini yang buat. MBKM kan juga mengarah ke situ,” ucapnya.

Baca Juga :   Bangunan Fakultas MIPA Unpatti Akan Alih Fungsi Jadi Gedung Pascasarjana

Dia juga mengatakan, mata kuliah Ekonomi Kreatif Sumber Daya Perikanan dan Kelautan mengajarkan mahasiswa untuk bisa melakukan kreatifitas dari biota laut.

“ Misalnya sisik ikan dijadikan sebagai giwang, kalung, rantai kalung dan sebagainya, kemudian kulit ikan tuna itu menjadi krekers kayak kerupuk begitu, makanan-makanan cemilan,” jelasnya. (Abdul)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait