Mahasiswa Demo Tuntut Kejati Maluku Usut Penyelewengan Dana Gempa Kabupaten SBB

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Kelompok Mahasiswa yang menamakan diri sebagai Aliansi Mahasiswa Pergerakan (AMP) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), menggelar aksi unjuk rasa menuntut Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, mengusut tuntas alokasi dana gempa di wilayah mereka.

Menurut mahasiswa, ada ketidakadilan dalam proses pembagunan rumah-rumah warga yang terkena gempa di Kabupaten Seram Bagian Barat, 2019 lalu.

“Contohnya, di Dusun Kelapa Dua Kecamatan Kairatu, anggaran yang dikucurkan dari ABPD hanya diperuntukan kepada orang-orang tertentu saja, begitupun di Kecamatan Amalatu,” ungkap Koordinator Aksi, Acen Rahyan usai menggelar unjuk rasa kepada Kampiun.co.id, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, rumah-rumah warga yang terkena dampak gempa tidak mendapatkan sentuhan sedikitpun dari Pemerintah Daerah Seram Bagian Barat. Prinsipnya, pembangunan tidak merata dan terkesan nepotisme.

“Anggaran yang dikucurkan pemerintah itu tidak merata. Banyak masyarakat yang rumahnya rusak karena terdampak gempa, namun mereka tidak menerima bantuan,” katanya lagi.

Untuk itu dia mendesak, Kejati Maluku segera mengevaluasi anggaran dana gempa yang ada di Seram Bagian Barat.

“Kami meminta Kejati Maluku mempertegaskan Pemerintah Kabupaten SBB dalam hal ini Bupati Yasin Payapo, terkait anggaran dana gempa sekitar Rp30 miliar. Kami juga minta Kejati Maluku memanggil DPRD Kabupaten SBB untuk mempertanggung jawabkan pembangunan rumah gempa,” desaknya.

Baca Juga :   Demo Kejati Maluku, Aliansi Mahasiswa Adat Welyhata Desak Tuntaskan Kasus Ilegal Loging

Dia mengancam, jika tidak ada tindakan dari Kejati Maluku, mereka akan datang lagi dan tentu dengan jumlah masa yang lebih banyak. (WN)

Baca Juga :   Tak Layak, Tenaga Medis Puskesmas Tomalehu Tolak Masuk Gedung Baru
Mahasiswa Demo Tuntut Kejati Maluku Usut Penyelewengan Dana Gempa Kabupaten SBB

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait